get app
inews
Aa Read Next : Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen Masuk PPKM Level 2, Banyumas dan Cilacap Level 3

Begini Kronologi Kasus Covid-19 yang Muncul di Tanalum, Purbalingga

Sabtu, 01 Mei 2021 | 14:37 WIB
header img
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Hanung Wikantono. (Foto: Humas Pemkab Purbalingga)

PURBALINGGA, iNews.id- Kasus Covid-19 di Purbalingga semakin bertambah. Kali ini muncul klaster baru di Desa Tanalum, Kecamatan Rembang. Hingga Sabtu (1/5/2021) tercatat 18 positif covid-19 dari 25 warga yang dites antigen. Klaster Tanalum tersebut sudah mulai ditangani oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui puskesmas dan satuan tugas (Satgas) Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro.

Kepala Dinkes Purbalingga Hanung Wikantono yang dihubungi iNews Purwokerto mengatakan, pada awalnya, ada salah seorang warga yang mengikuti pengajian di Pekalongan. “Ternyata, warga yang ikut pengajian di Pekalongan tersebut positif Covid-19. Anak dari warga yang positif ini melahirkan bayi, sehingga banyak tetangga yang datang menengok bayi,” kata Hanung.

Hanung mengatakan, dengan banyaknya warga yang datang menengok, maka akhirnya terjadinya penyebaran. “Ada 25 yang dilakukan tes antigen, hasilnya 18 orang di antaranya positif dan 7 lainnya negatif. Untuk yang positif, saat sekarang sudah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing,” ujarnya.

Dinkes, kata Hanung, telah meminta kepada petugas puskesmas dan Satgas PPKM mikro untuk melakukan pemantauan, sehingga dipastikan kalau isolasi mandiri berjalan dengan baik. Kepada seluruh masyarakat untuk selalu tertib dalam menjaga protokol kesehatan seperti mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. 

“Kondisi 18 orang yang positif tersebut baik, sejauh ini tidak terpantau ada gejala atau OTG,” tambahnya.

Editor : Bayu Sasongko

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut