get app
inews
Aa Read Next : Mahkamah Konstitusi Tolak Seluruh Gugatan Pilpres Anies-Cak Imin

Unik, Ketua RT di Daerah Ini Didominasi Perempuan

Sabtu, 01 Mei 2021 | 15:58 WIB
header img
Para Perempuan menjadi Ketua RT di Pulau Kelapa. (Foto IG Anies Baswedan).

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu. Di daerah ini, para ketua rukun tetangga (RT) didominasi perempuan.

Dari total 31 RT, sebanyak 29 RT dipimpin perempuan, sedangkan sisanya dipegang laki-laki

"Inilah para Ketua RT di Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu, dari 31 RT, 29 di antaranya diketuai perempuan," kata Anies dalam akun Instagramnya, Sabtu (1/5/2021).

Anies menjelaskan, alasan perempuan menjadi Ketua RT. Salah satunya mereka aktif melakukan sosialisasi dan membantu program kelurahan.

"Pertama, masyarakat pulau tak ada masalah apabila Ketua RT mereka perempuan, justru mereka amat terbantu karena perempuan biasanya lebih aktif melakukan sosialisasi dan membantu program-program kelurahan," kata dia.

Alasan kedua, menurut dia warga Pulau Kelapa bermata pencaharian sebagai nelayan, sehingga para laki-laki lebih sering melaut dibandingkan di rumah

"Ini membuat mereka memilih ketua RT perempuan lebih mudah ditemui," kata dia.

Dia juga mengapresiasi ketua RT Pulau Kelapa yang menangani pandemi Covid-19. "Apreasiasi setinggi-tingginya kepada Ibu/Bapak Ketua RT yang telah menjadi ujung tombak kita selama melawan pandemi setahun terakhir ini," katanya.

Editor : Donald

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut