get app
inews
Aa Read Next : Ask Ahok Anything Offline Sukses Digelar: Terima Kasih Atas Antusiasme yang Luar Biasa

Wacana Anies Berpasangan dengan Ahok di Pilkada Jakarta 2014, Mungkinkah?

Sabtu, 11 Mei 2024 | 07:53 WIB
header img
Wacana duet Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam Pemilihan Gubernur Jakarta 2024 menjadi topik hangat. (Foto: Antara/iNews.id)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Wacana duet Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam Pemilihan Gubernur Jakarta 2024 menjadi topik hangat. Beberapa pihak sudah mulai menilai peluang mereka untuk menduduki posisi puncak di Jakarta, yang pemilihannya akan berlangsung dalam lima bulan lagi.

Rektor Universitas Paramadina, Didik J Rachbini, turut mengomentari tentang peluang duet Anies-Ahok dalam Pilgub DKI 2024. Didik mengingatkan kembali pertarungan politik antara Anies dan Ahok di Pilgub 2017.

Dia menyatakan bahwa politik sering kali hanya seputar citra (image) dan persepsi, bukan sesuatu yang nyata. Dalam praktik politik dan proses politik di lapangan, persepsi—baik atau buruk, toleran atau radikal—dapat dengan mudah dibentuk dengan berbagai cara dan metode.

"Pertarungan politik antara Anies dan Ahok di Jakarta beberapa tahun lalu adalah tentang persepsi yang cepat menjadi kenyataan, namun juga cepat menghilang. Banyak yang khawatir kemenangan Anies akan membawa dampak negatif terhadap toleransi dan keberagaman. Pilgub Jakarta adalah salah satu yang paling keras dan tidak seharusnya terulang," ujar Didik dalam sebuah pernyataan yang diterima pada Jumat (10/5/2024).

Menurut Didik, citra dan persepsi tersebut lenyap saat Anies tampil dalam pilpres dengan dukungan dari partai-partai nasionalis. Tim suksesnya juga berasal dari kalangan nasionalis dengan latar belakang agama yang beragam. Dalam pilpres ini, tidak ada lagi pertarungan citra radikal agama atau sekuler, anti-NKRI, dan rasisme.

“Politik dan demokrasi terbuka saat ini merupakan pertanda baik, setidaknya dari sisi persepsi citra—kecuali masalah etika dan nepotisme Jokowi,” ucap Didik.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut