get app
inews
Aa Read Next : Wacana Anies Berpasangan dengan Ahok di Pilkada Jakarta 2014, Mungkinkah?

Nama Anies Baswedan Mencuat di Pilkada Jakarta, Ini 5 Faktanya

Kamis, 13 Juni 2024 | 08:08 WIB
header img
Anies Baswedan mencuat namanya dalam Pilkada Jakarta. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id-Setelah Pemilihan Presiden 2024, nama Anies Baswedan kembali mencuat dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024. Anies bukanlah sosok baru di Jakarta, mengingat ia pernah menjabat sebagai gubernur pada periode 2017-2022. 

Menariknya, kali ini nama Anies dipertimbangkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), bahkan ada kemungkinan terbentuknya koalisi antara PDIP dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk mengusung Anies. Dua partai ini kerap dianggap berlawanan, sehingga menciptakan dinamika baru dalam politik Jakarta.

1. Dukungan PKS DKI Jakarta untuk Anies

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta telah memutuskan untuk kembali mendukung Anies Baswedan maju di Pilgub Jakarta 2024. Keputusan ini dihasilkan dari rapat internal DPW PKS DKI. Ketua DPW PKS DKI, Khoirudin, menyatakan bahwa keputusan ini masih harus diajukan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS. Menurutnya, kemungkinan diterima atau ditolaknya usulan ini masih 50:50.

"Rapat DPW memutuskan Anies Baswedan, tapi DPP akan membahas usulan DPW DKI. Kemungkinan diterima atau ditolak sama besarnya," kata Khoirudin, Kamis (23/5/2024).

2. Ketertarikan dari Puan Maharani

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, mengakui bahwa ada ketertarikan untuk mempertimbangkan Anies Baswedan dalam Pilgub Jakarta 2024. Menurutnya, nama Anies masuk dalam pertimbangan PDIP.

"Menarik juga Pak Anies," kata Puan di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Puan menambahkan bahwa PDIP masih mencermati wacana mengusung kadernya sendiri untuk maju sebagai calon gubernur, namun keputusan akan diambil dengan mempertimbangkan realitas di lapangan.

3. Usulan dari DPD PDIP Jakarta

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta telah mengirimkan surat rekomendasi pencalonan nama-nama bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta ke DPP PDIP. Salah satu nama yang diusulkan adalah Anies Baswedan.

"Sudah disampaikan semua nama-nama yang terjaring termasuk Anies. Surat sudah dikirim sebelum Rakernas DPP. Puncaknya disampaikan secara massal waktu Rakernas partai yang kemarin," ujar Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta, Pantas Nainggolan, Selasa (11/6/2024).

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut