get app
inews
Aa Read Next : Kilang Cilacap Sediakan 500 Paket Sembako Murah, Ludes dalam Satu Jam

GM Kilang Cilacap: Jaga Hubungan Baik Vertikal dan Horizontal

Jum'at, 28 April 2023 | 08:18 WIB
header img
Idulfitri sebagai simbol kemenangan umat Muslim seharusnya menjadi momentum untuk saling menjaga hubungan baik secara vertikal dan horizontal. (Foto: Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-Idulfitri sebagai simbol kemenangan umat Muslim seharusnya menjadi momentum untuk saling menjaga hubungan baik secara vertikal dan horizontal. 

Hal itu disampaikan oleh GM PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Edy Januari Utama dalam sambutan penyelenggaran salat Idulfitri 1444 H di area kolam pancing Gunung Simping, Cilacap Sabtu (22/4/2023) pekan lalu.

Dijelaskan GM, manusia sebagai makhluk sosial harus menjaga hubungan, baik secara vertikal kepada Tuhan dan horizontal kepada sesama manusia. "Seremoni Idulfitri mengandung muatan ibadah vertikal dan horizontal. Ibadah sosial tidak terbatas pada solidaritas sosial, namun juga harus bermurah hati dalam aspek moral dan spiritual dengan bersilaturahim dan saling memaafkan," ujarnya.

Lebih lanjut, setelah dosa vertikal terampuni melalui ibadah puasa Ramadan satu bulan penuh maka dosa horizontal harus diupayakan dapat terampuni pula, sehingga benar-benar dalam kondisi fitrah, bersih dan suci.

"Alangkah indahnya jika hal ini bisa direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari," ucap Edy.

Pertamina, kata Edy diberi amanah oleh negara untuk memasok energi Nasional sebagai tugas penting yang tidak mudah. Namun jika hati ini bersih dan saling memaafkan, maka beban-beban dalam pekerjaan akan terasa sangat ringan.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut