get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Kebumen Raih Penghargaan Penyelenggaraan Air Minum Aman

Bukti Komitmen, Anggaran Pendidikan di Kebumen Capai Rp1 Triliun

Rabu, 03 Mei 2023 | 07:30 WIB
header img
Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, menyatakan bahwa pihaknya terus berkomitmen untuk memajukan pendidikan di daerahnya karena itu merupakan amanat UU. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, menyatakan bahwa pihaknya terus berkomitmen untuk memajukan pendidikan di daerahnya karena itu merupakan amanat UU. Pendidikan menjadi hal terpenting yang perlu diperhatikan karena menyangkut kualitas sumber daya manusia.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati usai melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sekaligus upacara Hari Otonomi Daerah XXVII di halaman pendopo Kabumian, yang dihadiri oleh Forkopimda, pimpinan OPD, para guru, PNS, jajaran TNI dan Polri, serta pelajar/mahasiswa pada hari Selasa (2/5/2023).

Bupati Arif menyatakan bahwa pemerintah terus berkomitmen dan peduli dalam memajukan pendidikan, seperti yang dapat dilihat dari besaran anggaran yang dialokasikan. Menurut Bupati, anggaran pendidikan di Kebumen menjadi yang terbesar dari APBD, yakni mencapai Rp.1 triliun.

"Kita tahu bahwa anggaran APBD digunakan terbesar untuk pendidikan, sebelum perubahan mencapai Rp1 triliun," ujar Bupati.

Sementara anggaran APBD Kebumen di tahun 2023 sebesar Rp2,9 triliun. Bupati menyebutkan bahwa anggaran pendidikan paling banyak digunakan untuk gaji guru PNS dan PPPK, belanja barang dan jasa, belanja bantuan sosial, dan belanja hibah.

"Untuk gaji guru dan PPPK saja mencapai Rp768 miliar," terang Bupati.

Dengan anggaran yang cukup besar tersebut, Bupati berharap para guru dapat terus bersemangat untuk memajukan pendidikan di Kebumen, mampu membuat inovasi dan sistem pembelajaran yang menarik serta mudah diterima oleh murid.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut