get app
inews
Aa Read Next : Caleg Ini Kolaborasi dengan Pakumas, Gelar Ebeg untuk Lestarikan Budaya

Kesenian Ebeg Banyumas Bertahan Ditengah Gempuran Modernitas dan Pandemi Covid-19

Jum'at, 07 Januari 2022 | 19:30 WIB
header img
Seni permainan Ebeg sudah mengakar di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Di tengah gempuran modernitas, kesenian ini nyatanya tetap diminati. (Foto : Ist)

PURWOKERTO, iNews.id - Seni permainan Ebeg sudah mengakar di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Di tengah gempuran modernitas, kesenian ini nyatanya tetap diminati. Kesenian ini kerap dipentaskan, termasuk untuk meramaikan gelaran hajatan atau acara-acara tertentu. 

Paguyuban atau kelompok Ebeg Wahyu Turonggo Jati di Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, semakin bersemangat latihan setelah Kesenian Ebeg ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) dalam kategori seni pertunjukan pada akhir tahun 2021 lalu.

Meski pandemi Covid 19 memaksa kelompok ebeg ini harus berhenti menggelar pertunjukan maupun latihan, namun setelah Banyumas masuk level 1 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), mereka mulai menggelar latihan untuk mengasah kemampuan anggota. 

Mengingat dua tahun lebih mereka berhenti berkegiatan, tak pelak kerinduan untuk menggelar pertunjukan rakyat itu pun memuncak. Pelarangan pementasan ebeg bisa dipahami, karena dipastikan mengundang kerumunan massa sehingga dikhawatirkan menjadi sumber penularan Covid 19. 

“Kami sudah mulai mengadakan pertemuan dan latihan dua kali, atau minimal sekali dalam seminggu, yaitu pada hari Selasa dan hari Jumat,” kata Sutrisno salah satu anggota Jumat (7/1/2021) kepada wartawan.

Menurutnya lama tidak pentas maupun latihan tentunya merugikan. Kelompok seni bisa terancam bubar jika tak pernah menjalin pertemuan. “Pertemuan rutin paguyuban bukan hanya untuk keperluan latihan. Di situ, silaturahim anggota terjaga. Mereka kerap membahas persoalan tentang kesenian Ebeg. Bagaimana pun, seni Ebeg memerlukan latihan rutin,” katanya

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut