get app
inews
Aa Text
Read Next : BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto Sosialisasikan Aplikasi JMO di Purbalingga

Survei: 83,80 Persen Masyarakat Puas Dengan Kinerja Pelayanan Pemkab Purbalingga

Kamis, 08 Juni 2023 | 18:36 WIB
header img
Sebanyak 83,80 persen masyarakat Kabupaten Purbalingga merasa puas dengan kinerja Pemerintahan Kabupaten Purbalingga. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id - Sebanyak 83,80 persen masyarakat Kabupaten Purbalingga merasa puas dengan kinerja Pemerintahan Kabupaten Purbalingga. Angka kepuasan tersebut meningkat secara konsisten dibandingkan tahun 2022, dalam hasil survei terbaru PT Navigator Strategi Indonesia.

"Nilai SKM Pemerintah Kabupaten Purbalingga Tahun 2023 menunjukan tren peningkatan dari 82,04 menjadi 83,80 naik sebesar 1,76. Semua unsur pelayanan publik mengalami kenaikan," kata Barid Hardiyanto, peneliti Navigator Strategi Indonesia saat kegiatan sosialisasi hasil survei SKM Kabupaten Purbalingga di Ruang Rapat Ardilawet Gedung B Setda Purbalingga, Kamis (8/6/2023). 

Menurut dia, Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) merupakan kegiatan pengukuran secara komperehensif berupa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Jika merujuk Permenpan nomor 14 tahun 2017, nilai interval konversi dari 76,61-88,30 menunjukkan kinerja pelayanan publik di Kabupaten Purbalingga dalam kategori baik.

Barid menjelaskan, dalam menilai kepuasan publik, terdapat sembilan indikator untuk mengukur kinerja unit penyelenggara pelayanan publik, diantaranya yakni, penilaian tentang persyaratan mendapatkan layanan, prosedur pelayanan, waktu pelayanan, biaya pelayanan, kesesuaian antara layanan yang dijanjikan dan yang didapatkan.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut