get app
inews
Aa Read Next : Reuni Akbar UIN SAIZU Hadirkan Padi Reborn dan Job Fair

Sastra Menggali Kehidupan, Anak Muda di Banyumas Maknai Karya Ahmad Tohari

Jum'at, 16 Juni 2023 | 21:09 WIB
header img
Sastra Menggali Kehidupan, Anak Muda di Banyumas Maknai Karya Ahmad Tohari. Foto: Dok Museum Virtual Ahmad Tohari

Dirinya bahkan baru tahu jika cerpen Jasa Jasa Buat Sanwirya juga melambangkan perlawanan, hal itu berdasarkan dari opini bung Wage yang menurut Adinda ada benarnya.

"Waktu saya dengar soal perlawanan tadi, saya kagum banget, kok bisa ya sampe ke 'sana' pikirnya. Belajar banyak banget semalem, walau kondisi badan sebenarnya lagi ga fit, tapi worth it bisa bertemu orang-orang baru yang keren," ujarnya. 

Adinda mengungkapkan jika bicara soal cerpen Ahmad Tohari, dirinya membutuhkan effort dua kali untuk dapat memahami konflik yang terjadi di dalamnya. Bahkan dirinya dibuat bingung dan penasaran dengan tokoh-tokoh yang ada dalam cerpen Ahmad Tohari. 

"Saya dibuat bingung dan penasaran kenapa tokoh A begini dan kenapa tokoh B begitu, tapi waktu baca kali kedua, gokil sih jawabannya, ternyata ada di bagian akhir waktu Nyai Sanwirya minta dipanggilin Modin," jelasnya.

Meski demikian, dengan adanya kegiatan itu, dirinya bertambah wawasan sekaligus tambah mengenal sosok Ahmad Tohari, maestro sastra asal Kabupaten Banyumas dengan beragam karya-karyanya yang diangkat dari kaum pinggiran.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut