get app
inews
Aa Read Next : Tips Jitu Sikat Kolesterol Jahat, Hanya dengan Air Rebusan Ini 

Makanan Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari, Berikut Daftarnya

Sabtu, 17 Juni 2023 | 11:02 WIB
header img
Awas kolesterol tinggi. (Foto: Istimewa)

2. Gorengan

Selain kulit ayam, makanan berbahaya yang digoreng juga mengandung lemak trans yang dapat meningkatkan kolesterol. Lemak trans dihasilkan dari penambahan hidrogen ke minyak nabati dan digunakan dalam makanan seperti kue kering, kentang goreng, onion ring, dan kerupuk. Makanan ini dapat menjadi penyebab kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Makanan penutup

Kue, es krim, kue kering, dan makanan manis lainnya memang enak dan menyenangkan, tetapi mereka tinggi kolesterol, tinggi kadar gula, lemak tidak sehat, dan kalori. Jika dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat berdampak negatif bagi kesehatan dan menyebabkan peningkatan berat badan seiring berjalannya waktu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan ini dapat menyebabkan obesitas, diabetes, penyakit jantung, penurunan kognitif, dan beberapa jenis kanker.

"Sebaiknya batasi atau hindari makanan dengan kolesterol tinggi, seperti makanan cepat saji, daging olahan, gorengan, dan makanan penutup manis," demikian keterangan dalam Healthline.

4. Daging olahan

Daging olahan seperti sosis, hot dog, dan bacon memiliki kadar kolesterol tinggi dan sebaiknya dibatasi. Makanan ini juga dihindari oleh orang yang memiliki kolesterol tinggi. Konsumsi yang tinggi dari makanan ini terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker seperti kanker usus besar. 

Studi yang melibatkan 614.000 peserta menunjukkan bahwa setiap tambahan porsi daging olahan sebanyak 2 ons (50 gram) porsi daging olahan per hari memiliki risiko penyakit jantung 42 persen yang lebih tinggi.

Itulah sejumlah makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut