get app
inews
Aa Read Next : 96 Pemudik Asal Banyumas Ikut Program Balik Mudik Gratis ke Jakarta

Keutamaan Niat Puasa Dzulhijjah tanggal 1, Lengkap Beserta Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Minggu, 18 Juni 2023 | 21:11 WIB
header img
Pada bulan Dzulhijjah ini, salah satu amalan sunnah yang dianjurkan adalah mengerjakan puasa Dzulhijjah sebelum Idul Adha. Foto: Dok iNews.id

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Kementerian Agama (Kemenag), melalui sidang isbat telah menetapkan Idul Adha 1444 H jatuh pada Kamis 29 Juni 2023. Dengan demikian Idul Adha 10 Dzulhijjah jatuh pada Kamis 29 Juni 2023.

Pada bulan Dzulhijjah ini, salah satu amalan sunnah yang dianjurkan adalah mengerjakan puasa Dzulhijjah sebelum Idul Adha. Puasa Dzulhijjah ini dikerjakan pada 10 hari pertama, dimulai dari tanggal 1-7 untuk Puasa Dzulhijjah, lalu di tanggal 8 untuk Puasa Tarwiyah, dan Puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Sedangkan tanggal 10 hingga 13 Dzulhijjah dilarang berpuasa karena merupakan hari tasyrik. Lantas seperti apa bacaan niat Puasa Dzulhijjah tanggal 1.

Hanif Luthfi Lc dalam bukunya berjudul "Amalan Ibadah Bulan Dzulhijjah terbitan Rumah Fiqih Publishing menjelaskan beberapa keutamaan 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah di antaranya puasa Dzulhijjah. Puasa sendiri merupakan ibadah spesial. Bahkan, siapapun yang melaksanakannya diberi kesempatan untuk berdoa yang tak tertolak.

Disunnahkan dalam dalilnya, puasa Dzulhijjah disebutkan oleh sejumlah hadits seperti berikut. Dari Hunaidah ibn Khalid, dari istrinya, dari istri-istri Nabi صلى الله عليه وسلم , mereka berkata:

“Rasulullah SAW biasa berpuasa 9 hari di bulan Dzulhijjah, berpuasa di hari Asyura, berpuasa tiga hari di setiap bulannya, puasa senin pertama dan juga hari kamis di setiap bulannya”. (HR. Abu Dawud).

Dalam sidang isbat tersebut awal 1 Dzulhijjah jatuh pada Selasa 20 Juni 2023 dan Idul Adha 10 Dzulhijjah akan jatuh pada Kamis 29 Juni 2023.

Sebelum menjalankan ibadah puasa Dzulhijjah, sebaiknya mengetahui bacaan niat agar ibadah yang akan dijalankan nantinya lebih afdhal. 

Niat Puasa Dzulhijjah Tanggal 1

 نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Arab-latin: Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala.

Keutamaan Puasa di Bulan Dzulhijjah

1. Pahala Dilipatgandakan

Keutamaan Puasa di Bulan Dzulhijjah yang pertama yakni memiliki nilai lebih dibandingkan berpuasa sunah di bulan yang lain karena pahalanya dilipatgandakan.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut