get app
inews
Aa Read Next : 2.307 Siswa SD di Kebumen Peroleh Beasiswa Rp400 Ribu Tiap Bulan

Jadwal Kirab dan Pesta Rakyat Ngunduh Mantu Bupati Kebumen

Kamis, 13 Juli 2023 | 08:17 WIB
header img
Kirab pengantin anak Bupati Kebumen bakal dilangsungkan pada MInggu (16/7/2023). (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Putra sulung Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, yang bernama Agantha Pratama Sugianto Samalangu, dan pasangannya Nurul Saraswati, akan menjalani serangkaian upacara adat, termasuk Kirab Pengantin.

Acara kirab akan dilaksanakan pada hari Minggu (16/7/2023) sore pukul 14.00 WIB, setelah acara ngunduh mantu yang digelar di Pendopo Kabumian pada hari Minggu pagi.

Rute kirab pengantin akan dimulai dari Tugu Lawet dan melalui Jalan Soekarno Hatta sampai Jalan Merdeka, mengelilingi Alun-alun Kebumen, dan berakhir di depan Pendopo Kabumian.

Dari data yang ada, dalam kirab pengantin ini akan ada beberapa barisan yang mengikutinya. Kirab pengantin menggunakan dua kereta kencana.

"Barisan pertama adalah Marching Band SMK Pelayaran Puring dengan 75 personel. Barisan kedua terdiri dari Tari Cepetan dengan 20 personel. Ketiga, ada Tari Kuda Lumping dengan 20 personel, dan barisan keempat adalah Pasukan Bergodoh dengan 21 orang. Setelah itu, ada Kereta Kencana Pengantin, serta Kereta Kencana Orang Tua Pengantin Wanita," kata salah satu panitia penyelenggara, Indri Yulianto, pada hari Rabu (13/7).

Setelah tiba di Pendopo, barisan kirab pengantin akan disambut dengan Tari Gamyong dan Tari Lawet. Setelah kirab selesai, acara dilanjutkan dengan makan bersama. Panitia menyediakan 10.000 porsi makanan gratis untuk masyarakat.

"Makanan gratis akan disediakan di depan Gedung Setda Kebumen setelah kirab selesai," ungkapnya.

Selanjutnya, dalam acara Pesta Rakyat ngunduh mantu putra sulung Bupati Kebumen, akan ada konser musik dangdut dari New Monata di Alun-alun Kebumen. Untuk acara ngunduh mantu itu sendiri, Bupati Kebumen mengundang 5.751 orang.

 

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut