get app
inews
Aa Read Next : Konsisten Dampingi Nasabah, PNM Adakan Pelatihan untuk Tingkatkan Kompetensi Karyawan

Peroleh Awards BUMN Inspiratif, PNM Terus Dorong Usaha Ultra Mikro

Kamis, 13 Juli 2023 | 15:05 WIB
header img
Program pemberdayaan dan pendampingan, PNM diberi penghargaan dalam kategori BUMN Inspiratif Pegiat Usaha Ultra Mikro & Pemerataan Ekonomi di acara Festival6. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id- PT Permodalan Nasional Madani (PNM) semakin erat menjalin holding ultra mikro bersama PT BRI dan PT Pegadaian. Kerja sama tersebut terutama dalam mengembangkan perempuan ultra mikro binaannya melalui Divisi program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). 

Lewat Divisi PKU, PNM melakukan proses pemberdayaan dan pendampingan. Program itu mendapat penghargaan dalam kategori BUMN Inspiratif Pegiat Usaha Ultra Mikro & Pemerataan Ekonomi di acara Festival6. Acara tersebut digelar pada Sabtu (8/7/2023) lalu. Tempatnya di The Dome, Senayan Park, Jakarta Selatan. 

Agenda kegiatan tersebut di antaranya adalah Talkshow Pemberdayaan Perempuan Masa depan Indonesia. Kemudian ada juga Talkshow Geliat Industri Hiburan dan Pariwisata. Lalu ada Sharing Session UMKM inspiratif serta penerimaan awards dengan kategori BUMN Inspiratif Pegiat Usaha Ultra Mikro dan Pemerataan Ekonomi.

Acara itu dihadiri oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. 

Ada juga Suryani Zaini selaku Wakil Komisaris Utama Surya Citra Media, Wenseslaus Manggut selaku Chief Content Officer KapanLagiYouniverse, dan Razaq Manan Ahmad selaku Executive Vice President Pengembangan dan Jasa Manajemen PT PNM. 

Ada beberapa ukuran dari awards yang diterima. Di antaranya adalah program yang sudah dilakukan oleh PNM melalui pengembangan kapasitas usaha dalam bentuk pendampingan dan pemberdayaan. 

Juga pengembangan usaha ultra mikro melalui bantuan permodalan berbunga rendah. Di samping ituy, kolaborasi dan sinergi bersama IPB untuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, khususnya bagi nasabah PNM. Tujuannya supaya program PNM dapat terintegrasi dengan penelitian dan pengembangan akademik serta mahasiswa dapat mengembangkan dan mengamalkan Tridharma Perguruan Tinggi. 

Terutama untuk terciptanya inovasi dan pemerataan ekonomi bagi masyarakat ekonomi lemah. Selanjutnya melalui pemanfaatan teknologi khususnya social media oleh PNM, karyawan, dan nasabah sebagai inovasi usaha ultra mikro.

PNM memiliki 3 modal utama dalam mendukung pertumbuhan ultra mikro dan UMKM, yaitu finansial, intelektual dan sosial. Modal finansial diberikan melalui pembiayaan usaha produktif, sedangkan modal intelektual melalui pendampingan antara lain pelatihan, berbagi info dan pengalaman. Sedangkan modal sosial, PNM membangun kepedulian nasabah melalui jejaring usaha dan sinergi bisnis yang mampu membantu percepatan usaha nasabah. 

“Dalam kegiatan ini, kami juga bantu nasabah untuk dapatkan NIB (Nomor Induk Berusaha), sertifikasi halal, sehingga nasabah bisa semakin maju dan naik kelas, dan dapat permodalan lebih formal dari bank umum,”jelas Executive Vice President Pengembangan dan Jasa Manajemen PT PNM Razaq Manan Ahmad.

Sampai 31 Mei 2023 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp28,38 T kepada Nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 14.602.490 juta Nasabah. 

PNM telah memiliki 62 Cabang, 3.834 kantor unit layanan PNM Mekaar dan 645 kantor unit layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 35 Provinsi, 431 Kabupaten/Kota, dan 6.014 Kecamatan.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut