get app
inews
Aa Read Next : Konsisten Dampingi Nasabah, PNM Adakan Pelatihan untuk Tingkatkan Kompetensi Karyawan

Dorong Peningkatan Ekonomi, PNM Bantu Nasabah 1.000 Bibit Durian untuk Tiga Desa di Banyumas

Rabu, 09 Agustus 2023 | 06:33 WIB
header img
PNM bekerja sama dengan Benih Baik menanam 1.000 bibit Durian Bawor yang disebar di tiga desa di Banyumas, yaitu Desa Petahunan, Karangtengah dan Babakan melalui program Satu Nasabah, Satu Pohon Durian. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-PNM kembali menggalakkan gerakan untuk untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di Banyumas.

Salah satu yang dilaksanakan adalah penanaman 1.000 bibit Durian Bawor yang disebar di tiga desa, yaitu Desa Petahunan, Karangtengah dan Babakan melalui program Satu Nasabah, Satu Pohon Durian.

Bekerjasama dengan Benihbaik.com, gerakan ini bermanfaat untuk penghijauan serta memberikan nilai tambah ekonomi bagi penerima manfaat. 

EVP Pengembangan dan Jasa Manajemen PNM Razaq Manan Ahmad menyatakan komitmen PNM untuk memberikan pendampingan serta peningkatan kesejahteraan nasabah PNM Mekaar agar bisa memberikan dampak lebih bagi penghasilannya sekaligus peduli lingkungan.

“Bagi nasabah yang pekarangan rumahnya ditanami bibit durian oleh PNM semoga bisa merawat dengan baik sampai panen tiba. Pendapatan bisa bertambah, lingkungan tempat tinggal juga lebih asri berkat adanya pohon,” paparnya pada Selasa, (8/8/2023) di Desa Petahunan.

Perekonomian di Banyumas sendiri mengalami kontraksi hingga -1,65% pada masa pandemi Covid-19. Hal ini yang juga melandasi pemilihan tiga desa di Banyumas sebagai lokasi pengembangan usaha nasabah PNM melalui program Tanggung Jawab Sosial (TJSL). 

Selain itu, Durian Bawor juga memiliki beberapa keunikan diantaranya tingkat kematian pohon yang cukup rendah yaitu di bawah 2% dan memiliki nilai yang tinggi karena memiliki daya saing internasional.

“Kami juga berharap nantinya program ini bisa meluas ke desa lain di Banyumas dan menjadikan Kota ini sebagai sentra durian. Semoga nasabah Mekaar dan masyarakat desa bisa bekerjasama untuk melakukan budidaya durian,” tambahnya.

Program TJSL PNM ini juga mendapat dukungan dan apresiasi ketiga Kepala Desa serta pendiri Yayasan Benih Baik Indonesia Andy F Noya. 

“Kerja sama ini adalah sebuah momentum di mana momentum itu sekecil apapun bisa memicu perubahan. Saya mewakili Benih Baik mengucapkan terima kasih kepada PNM untuk terus memberikan akses pelatihan, permodalan dan juga akses pasar bagi masyarakat Indonesia,” papar Andy. 

Dengan adanya budidaya Durian Bawor diharapkan bisa mendorong pengembangan desa wisata di wilayah Banyumas. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut