get app
inews
Aa Read Next : Inilah Hasil Lengkap Kualifikasi Euro 2024, Portugal dan Spanyol Berjaya

Simak, 5 Momen Menarik Laga Italia vs Spanyol di Semifinal Eropa 2020

Rabu, 07 Juli 2021 | 13:42 WIB
header img
Grafis pertandingan antara Italia vs Spanyol

LONDON, iNews.id- Sejumlah fakta menarik tersaji saat Italia mengalahkan Spanyol dalam semifinal Euro 2020. Laga berlangsung di Stadion Wembley, Rabu (7/7/2021).

Kemenangan tersebut membuat pasukan Roberto Mancini lolos ke partai puncak setelah berhasil menang melalui adu penalti. Pada waktu normal dan babak tambahan, kedua tim hanya mampu bermain imbang 1-1.

Dalam daftar ini ada lima momen menarik yang dirangkum menyadur Sportskeeda seperti dikutip MNC Portal Indonesia.

5. Morata dari Pahlawan Menjadi Pecundang

Morata dimasukkan Enrique untuk mengantikan Torres pada babak kedua saat Spanyol tertinggal 1-0. Pemain Juventus itu menjawab tantangan dengan mencetak gol penyama kedudukan pada menit 80 dan membuat skor 1-1 yang bertahan dalam waktu normal dan babak tambahan.

Namun, saat mengambil penendang dalam adu penalti, Morata tak menjalankan tugasnya dengan baik. Sepakan bolanya ke arah kanan gawang, terbaca oleh kiper Gianluigi Donnarumma.

4. Dani Olmo Membalas Kepercayaan Pelatih

Setelah tampil mengesankan dari bangku cadangan dalam pertandingan melawan Swiss, Dani Olmo tampil menjadi starter saatt melawan Italia. Olmo pun memanfaatkan kesempatannya sebaik mungkin,dan bisa dibilang pemain terbaik Spanyol pada laga tersebut.

Dia terus memberikan ancaman secara konsisten ke lini pertahanan Italia. Sentuhannya kerap membuat khawatir bek Italia, namun Spanyol gagal memanfaatkan permainan gemilang Olmo.

3. Roberto Mancini Terus Ukir Rekor

Roberto Mancini dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik di Eropa sekitar satu dekade lalu. Dia membawa Manchester City meraih gelar juara Liga Inggris. Namun, sejak keluar dari klub Inggris tersebut, Mancini tak pernah merasakan gelar juara. Dia terus berjuang untuk memenuhi harapan di Galatasaray, Inter Milan hingga Zenit St. Peterburg.Namun, saat melatih Timnas Italia, Mancini merubah permainan tradisional Italia yang cenderung bertahan. Dia merubah karakter permainan timnya menjadi lebih menyerang dan lebih terbuka. Meski begitu, Mancini tak melupakan gaya defensif Italia yang sudah menjadi ciri khasnya.

Sejauh ini, Italia besutan Mancini telah mengantongi 33 kemenangan. Sedangkan di Piala Eropa 2020, skuadnya baru kebobolan tiga gol, dan selalu meraih kemenangan di laga fase grup.

2. Penalti Buruk

Penendang pertama Italia, Manuel Locatelli gagal melakukan eksekusi karena bola diselamatkan oleh kiper Spanyol Unai Simon. Namun, keempat penendang laininya Andrea Belotti, Leonardo Bonucci, Federico Bernardeschi dan Jorginho, sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Sebaliknya Spanyol hanya berhasil dari dua penendang, yakni Gerard Moreno dan Thiago Alcantara, sedangkan Dani Olmo melebar ke atas gawang dan Morata dimentahkan oleh kiper Gianluigi Donnarumma

1. Gaya Dingin Jorginho


Ada beberapa pemain dalam sejarah sepakbola yang mengambil penalti dengan penuh gaya. Dari Matt Le Tissier hingga Antonin Panenka, yang membuat penalti terlihat lebih mudah. Begitu juga dengan Jorginho. Sebagai penendang penentu, gelandang Timnas Italia, itu menggunakan teknik yang sulit untuk mengecoh Unai Simon. Jorginho dengan dingin mengambil penalti dengan cara melompat dan menunggu kiper bergerak terlebih dulu. Dia menyepak bola ke arah kiri, setelah Simon sudah bergerak ke kanan.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut