get app
inews
Aa Read Next : 2.307 Siswa SD di Kebumen Peroleh Beasiswa Rp400 Ribu Tiap Bulan

Pesta Rakyat Ngunduh Mantu Kebumen Hari Ini, Bupati: Biaya dari Dana Pribadi

Minggu, 16 Juli 2023 | 08:11 WIB
header img
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menggunakan dana pribadinya untuk menggelar acara ngunduh mantu dan pesta rakyat. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto menggunakan dana pribadinya untuk menggelar acara ngunduh mantu dan pesta rakyat dalam pernikahan putranya, Agantha Pratama Sugianto Samalangu dengan Nurul Saraswati. Pelaksanaan hari ini Minggu (16/7/2023) dari pagi sampai sore.

Bupati menjelaskan bahwa anggaran sekitar Rp1 Miliar digunakan untuk acara pesta pernikahan putra sulungnya tersebut. Ia juga memastikan bahwa biaya pernikahan putranya tidak menggunakan uang APBD.

"Anggaran sebesar Rp1 Miliar berasal dari dana pribadi, untuk pakaian, dekorasi, konsumsi, fasilitas, penampilan artis, dan panggung. Terdapat dua artis yang akan tampil, yaitu Rio Febrian dalam resepsi di Pendopo Kabumian dan Monata untuk pesta rakyat," ujar Bupati pada Jumat, 14 Juli 2023.

Bupati mengundang 5.751 orang dalam acara ngunduh mantu di Pendopo Kabumian. Beberapa pejabat yang akan hadir antara lain Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Pemuda dan Olahraga, serta Menteri Ketenagakerjaan.

Bupati menegaskan kepada tamu undangan bahwa ia tidak akan menerima hadiah, bingkisan, atau sumbangan dalam bentuk apa pun.

Acara ngunduh mantu akan dimulai pada pukul 09.00-13.00 WIB di Pendopo Kabumian. Setelah itu, pada pukul 13.30 WIB, akan dilakukan kirab pengantin yang dimulai dari barat Tugu Walet atau Jalan Soekarno Hatta, Jalan Merdeka, dan berakhir di Pendopo Kabumian.

Pada acara kirab pengantin, akan ada marching band, Tari Cepetan, Tari Lawet, pasukan bregodo, dan kereta kencana yang akan menghiasi acara tersebut. Melalui kirab pengantin ini, diharapkan dapat mempromosikan kebudayaan khas Kebumen sekaligus memperkenalkan geopark Kebumen.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut