BRIN Gandeng Telkom University Kembangkan Teknologi Metaverse di Indonesia

Tim iNews.id
.
Jum'at, 14 Januari 2022 | 19:51 WIB
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Telkom University (Tel-U) memperkuat kolaborasi dalam pengembangan teknologi Metaverse. Foto/Ist

JAKARTA, iNews.id - Badan Riset dan Inovasi Nasional ( BRIN ) dan Telkom University (Tel-U) berkolaborasi dalam pengembangan teknologi Metaverse di Indonesia. Dimana pengembangan teknologi Metaverse ini kian ramai diperbincangkan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt. Kepala Pusat Riset Informatika BRIN, Dr. Didi Rosiyadi, M. Kom. saat melakukan kunjungan kerja ke Telkom University pada Rabu, (12/1/2021) kemarin.

Didi Rosiyadi mengatakan bahwa pengembangan Metaverse sudah harus segera dilakukan. Mengingat, implementasi teknologi ini begitu luas nantinya, seperti pembelajaran mahasiswa secara virtual dan lain sebagainya.

“Metaverse nampaknya sudah menjadi media baru yang perlu kita pelajari dan persiapkan bersama. Kami pikir Tel-U merupakan salah satu partner terbaik dalam mempelajari teknologi ini, semoga ke depannya kita bersama mampu menelurkan karya metaverse yang baik bagi negeri,” ungkap Didi.

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kerja Sama Tel-U, Dr. Ir. Rina Pudji Astuti, M.T. menyampaikan, Tel-U memiliki banyak fasilitas yang dapat digunakan bersama untuk pengembangan Metaverse.

“Tel-U memiliki beberapa Research Center dan Laboratory yang siap pakai dan sudah tersedia. Tentu fasilitas tersebut bisa kita gunakan bersama untuk mengembangkan Metaverse. Kami harap kerja sama ini ke depannya bisa menjadi manfaat dan kontribusi bagi negeri” ungkap Rina.

Usai melakukan diskusi, rombongan BRIN melakukan kunjungan pada beberapa fasilitas pengembangan Metaverse, antara lain: Lab. Telecom Infra Project (TIP), Advanced Intelligent Communications (AICOMS), Bandung Techno Park (BTP), dan Telkom University Creative Center (TUCC).


 

Editor : Aryo Arbi
Bagikan Artikel Ini