get app
inews
Aa Read Next : UMP Siapkan 5.900 Kursi Mahasiswa Baru, Ini Daftar Program Studi yang Dibuka

84 Perguruan Tinggi di Indonesia Berakreditasi Unggul 2024, Ada Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Rabu, 03 Januari 2024 | 20:30 WIB
header img
Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Foto: Dok Humas UMP

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Daftar 84 perguruan tinggi berakreditasi unggul perlu diketahui para calon mahasiswa baru yang akan melanjutkan jenjang pendidikan. Akreditasi unggul ini diperoleh dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Indonesia pada awal 2024.

Perguruan tinggi yang memiliki akreditasi unggul, menunjukkan bahwa mereka telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh pemerintah. Dengan adanya akreditasi ini, mahasiswa dapat yakin bahwa mereka akan mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Perguruan tinggi atau program studi yang memenuhi kriteria akreditasi akan mendapatkan peringkat akreditasi tertinggi yang disebut akreditasi unggul.

Perguruan tinggi atau program studi yang mendapatkan akreditasi unggul adalah perguruan tinggi yang sangat baik dalam hal pencapaian prestasi dan telah mencapai skor lebih dari 361, serta memenuhi semua persyaratan untuk mendapatkan peringkat unggul.

Terdapat beberapa persyaratan untuk memperoleh predikat akreditasi unggul. Salah satunya adalah adanya bukti yang sahih terkait praktik pengembangan budaya mutu di perguruan tinggi. Selain itu, perolehan status akreditasi program studi juga menjadi salah satu syarat yang harus terpenuhi.

Kemudian, efektivitas pelaksanaan dan jumlah publikasi di jurnal dalam 3 tahun terakhir juga menjadi pertimbangan. Jika salah satu syarat tidak terpenuhi, maka peringkat yang akan diperoleh adalah Baik Sekali.

Peringkat akreditasi Unggul adalah yang tertinggi. Kemudian, ada predikat Baik Sekali, Predikat Baik, dan tidak terakreditasi.

Untuk mendapatkan akreditasi Unggul, perguruan tinggi harus mengisi formulir Instrumen Suplemen Konversi (ISK) yang diajukan oleh Dewan Eksekutif (DE), BAN-PT dan ditetapkan oleh Majelis Akreditasi (MA) BAN-PT. Formulir ini digunakan khusus untuk mengkonversi peringkat dari sistem peringkat A, B, dan C ke sistem peringkat Unggul, Baik Sekali, dan Baik.

Bagi calon mahasiswa baru, berikut adalah daftar 84 perguruan tinggi unggul yang telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) seperti dikutip dari laman resmi BAN-PT, Rabu (3/1/2024). Diantaranya ada Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), yuk cek perguruan tinggi berakreditasi unggul di Indonesia 2024:

1. Akademi Angkatan Udara (AAU)

2. Akademi Militer Magelang

3. Institut Pariwisata Trisakti

4. Institut Pertanian Bogor

5. Institut Teknologi Bandung

6. Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

8. Politeknik Elekronika Negeri Surabaya

9. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

10. Politeknik Negeri Bandung

11. Politeknik Pariwisata NHI Bandung

12. Politeknik STTT Bandung

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut