get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Kapal Perang Dunia II Diduga Tenggelam di Perairan Nusakambangan, Bawa Ribuan Amunisi

Jum'at, 21 Juli 2023 | 18:04 WIB
header img
Kapal Perang Dunia II Diduga Tenggelam di Perairan Nusakambangan, Bawa Ribuan Amunisi. Foto: Elde Joyosemito

CILACAP, iNewsPurwokerto.id - Komando Pasukan Katak (Kopaska) melakukan penyelaman selama dua hari di perairan Segara Anakan, Pulau Nusakambangan, Cilacap. Penyelaman dilakukan setelah ditemukan ribuan amunisi dari bangkai kapal perang dunia II yang belum diketahui jenisnya.

Penemuan bangka kapal perang tersebut berawal saat dua nelayan asal Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Cilacap yang melakukan penyelaman di perairan tersebut pada Sabtu (15/7) malam lalu sekitar jam 21.00 WIB. Nelayan tradisional yang terbiasa melakukan penyelaman untuk mencari besi tua di dalam air kemudian melaporkan temuannya ke Lanal Cilacap.

 Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Cilacap Kolonel Laut (P) Bambang Subeno mengatakan jika ada informasi di sekitar perairan Pulau Nusakambangan ada kapal-kapal perang yang tenggelam pada perang dunia (PD) II. Sebab, nelayan tersebut menemukan ribuan amunisi berupa peluru tajam dengan kaliber 12,7 milimeter (mm) serta kaliber 7,62 mm. 


Pencarian kapal perang PD II yang bawa ribuan amunisi. Foto: Elde Joyosemito

 

“Kami melakukan identifikasi titik di mana ada penemuan ribuan amunisi dan melaksanakan pengamanan area," kata Danlanal kepada wartawan, Jumat (21/7/2023).

Menurut dia, upaya pengamanan area dilakukan untuk menjaga kemungkinan senjata yang masih tersisa di sekitar titik penemuan disalahgunakan oleh masyarakat.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut