get app
inews
Aa Read Next : Horor Kemacetan di Ajibarang, Kadinhub Banyumas Berharap Jalan Tol Pejagan–Cilacap Segera Terwujud

China Tertarik Garap Proyek Tol Terpanjang di Indonesia Gedebage-Cilacap

Minggu, 23 Juli 2023 | 18:16 WIB
header img
Pembangunan Tol Getaci. (Foto/Ilustrasi/Dok)

Jalan tol Getaci bakal menjadi ruas tol terpanjang di Indonesia jika jalan tol yang menghubungkan dua provinsi ini benar-benar tersambung dari tol Gedebage-Cilacap. Di mana proyeksi ruas tol terpanjang di Indonesia dengan total mencapai 206,65 kilometer ini menembus dua Provinsi, Jawa Barat sepanjang 171,40 kilometer, dan Provinsi Jawa Tengah sepanjang 35,25 kilometer.

Penetapan lokasi pembangunan tol Gedebage-Cilacap ini juga sudah diselesaikan oleh Kementerian PUPR yang terdiri dari 4 seksi. Diantaranya yakni seksi 1 Junction Gedebage–Garut Utara sepanjang 45,20 kilometer, seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya sepanjang 50,32 kilometer, seksi 3 Tasikmalaya–Patimuan sepanjang 76,78 kilometer, dan seksi 4 Patimuan–Cilacap sepanjang 34,35 kilometer.

Tol Gedebage-Cilacap ini nantinya juga akan memiliki 9 buah simpang susun dan 1 buah junction, yakni junction Gedebage dan akan terkoneksi dengan jalan tol Padalarang–Cileunyi (Padaleunyi). Jalan tol terpanjang di Indonesia ini nantinya juga akan memiliki 2x2 lajur dengan lebar 3,6 meter, dan bakal dibangun dengan struktur at grade sepanjang 175,27 kilometer, struktur elevated sepanjang 22,26 kilometer serta pile slab sepanjang 9,12 kilometer.

"Getaci itu kita akan buat prioritas sampai ke Ciamis, sekarang memang ada satu masalah terkait dokumen lingkungannya itu belum lengkap, ada catatan dari KPK, dan kita akan berargumentasi kalau untuk PSN cukup kerangka acuan saja," ujar Menteri PUPR Basuki.

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian yang ditemui secara terpisah mengatakan jika status PSN pada tol Getaci dipastikan tidak akan dicabut, walaupun penyelesaian proyek tersebut dipastikan akan molor karena proses tender mulai dari awal.

"Ya ikut mundur (dari target), yang penting kita mulai untuk berjalan, kalau tidak mulai malah tidak kelar-kelar bos," katanya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut