get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Kebumen Alokasikan Rp9,2 Miliar Beli 154 Ribu Lebih Zak Semen

Begini Tanggapan Bupati Kebumen Atas Pengkritisan Raperda oleh DPRD

Selasa, 25 Juli 2023 | 07:09 WIB
header img
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memberikan tanggapan atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dalam Sidang Paripurna DPRD pada Senin (24/7/2023). (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memberikan tanggapan atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dalam Sidang Paripurna DPRD pada Senin (24/7/2023).

Sebelumnya, pada Jumat, 21 Juli 2023, telah disampaikan pandangan umum dari fraksi-fraksi terhadap empat Raperda tersebut, yaitu: Raperda tentang Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen Tahun 2023-2053, Raperda tentang Pengelolaan Sampah, Raperda tentang Garis Sempadan dan Raperda tentang Penetapan Desa.

Setiap fraksi telah memberikan pandangan dan catatan kepada pemerintah daerah dalam rangka penyempurnaan Raperda tersebut.

Salah satu tanggapan Bupati terkait dengan pandangan Fraksi Partai Golkar, terutama tentang upaya konkret pemerintah daerah dalam menciptakan budaya hidup bersih di masyarakat dan pengelolaan sampah yang baik agar tidak menimbulkan penyakit. 

“Pemkab telah melakukan edukasi dan sosialisasi secara massif mengenai pengurangan sampah melalui kegiatan pendampingan penyusunan Peraturan Desa tentang lingkungan hidup, peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah, gerakan peduli lingkungan hidup,”jelasnya.

Selain itu juga penanganan pengelolaan sampah serta penyediaan sarana dan prasarana pengelolaan sampah. “Ada kolaborasi dengan sektor swasta dan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah juga dilakukan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR),”katanya.

Bupati juga memberikan tanggapan terhadap Fraksi Partai Gerindra mengenai Raperda Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen Tahun 2023-2053. Beliau menegaskan bahwa telah dilakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, seperti masyarakat, swasta, LSM, dan akademisi. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut