get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Keperawatan UMP Lolos Program MBKM Internship Jepang

Letusan Gunung Berapi Bawah Laut Tonga Picu Tsunami, Ini Kata BMKG

Senin, 17 Januari 2022 | 06:26 WIB
header img
Letusan gunung berapi di bawah laut

Lembaga geofisika Indonesia itu belum mencatat detail mengenai dampak tsunami terhadap Tonga, negara terdekat dari pusat erupsi. Kendati demikian, BMKG mengatakan bahwa bencana alam di wilayah Pasifik itu tidak berdampak ke Indonesia. 

"Berdasarkan hasil observasi muka laut yang dilakukan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), letusan gunung api tersebut tidak menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia," jelas BMKG. 

"Ancaman tsunami tersebut tidak menimbulkan bahaya di wilayah Indonesia. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," lanjut lembaga itu. 

Seperti diketahui, tsunami menghantam pulau terbesar di Tonga, Tongatapu dan gelombang tsunami hingga ke ibu kota kepulauan itu setelah gunung berapi dasar laut meletus, memuntahkan abu dan gas ke udara hari ini. Seperti dilansir dari Guardian, Sabtu (15'1'021) gambar satelit menunjukkan awan abu besar dan gelombang tremor yang tersebar dari letusan.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut