get app
inews
Aa Read Next : Kenaikan UKT yang Menjulang di Unsoed, Ratusan Mahasiswa Geruduk Rektorat dan Sempat Memanas

Penting Bagi 7.296 Mahasiswa Unsoed, Ini Tiga Hal yang Dipesan Rektor

Selasa, 08 Agustus 2023 | 08:36 WIB
header img
Sebanyak 7.296 mahasiswa baru Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) telah diresmikan dalam Sidang Terbuka Senat Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk Tahun Akademik 2023/2024. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Sebanyak 7.296 mahasiswa baru Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) telah diresmikan dalam Sidang Terbuka Senat Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk Tahun Akademik 2023/2024. 

Acara ini berlangsung di Auditorium Graha Widyatama Prof Rubijanto Misman pada hari Senin (7/8/2023).

Upacara PMB ini terbagi menjadi dua kelompok. Pada kelompok pertama, terdapat Fakultas Pertanian, Fakultas Biologi, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Peternakan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, dan Pascasarjana. Sedangkan kelompok kedua melibatkan Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Fakultas Matematika dabn Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik Noor Farid  dalam laporannya menjelaskan bahwa Unsoed menerima mahasiswa baru melalui berbagai jalur seleksi, termasuk Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) untuk jenjang Sarjana dan Diploma, Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) untuk jenjang Sarjana, Seleksi Mandiri - SPMB UTBK dan Non UTBK untuk berbagai jenjang, serta program lain seperti ADIK, Student Exchange, dan lainnya.

"Unsoed tahun ini menerima 7.296 mahasiswa baru mulai dari Diploma, sarjana, profesi, spesialis, magister, dan doktor. Secara khusus untuk program sarjana dan diploma, Unsoed diminati oleh 92.391 calon pendaftar, namun hanya 6.673 yang diterima. Ini berarti tingkat persaingannya 1:13,8,”jelasnya.

Simbolis penerimaan mahasiswa baru ditandai dengan pemakaian jas almamater oleh Rektor, didampingi WR I, dan diikuti oleh mahasiswa baru secara serentak. Kemudian, Surat Keputusan Rektor diberikan kepada para Dekan dan Direktur Pascasarjana.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut