get app
inews
Aa Read Next : 5 Fakta Pembongkaran Makam Mahasiswi Kedokteran di Purbalingga

Ada Eksoplanet yang Berbentuk Melengkung Mirip Bola Rugby, Seperti Apa?

Selasa, 18 Januari 2022 | 05:20 WIB
header img
Para astronom untuk pertama kali mendeteksi eksoplanet yang memiliki bentuk aneh

JAKARTA, iNews.id - Para astronom untuk pertama kali mendeteksi eksoplanet yang memiliki bentuk aneh, tidak bulat utuh tapi melengkung mirip bola rugby. 

Planet ekstrasurya ini disebut WASP-103b, yang mengorbit pada bintang WASP-103 sekitar 1.800 tahun cahaya. Planet WASP-103b pertama kali terdeteksi pada tahun 2015, memiliki massa 1,5 kali dan ukuran 2 kali dari Jupiter. 

Planet WASP-103b ini mengorbit pada bintangnya begitu dekat sehingga berputar kira-kira sekali sehari. Ini berarti sangat panas, sekitar 20 kali lebih panas dari Jupiter. 

Para astronom benar-benar mendeteksi bentuk melengkung dari salah satu Jupiter panas yang berada di luar Tata Surya ini. Pencapaian ini, berkat teleskop ruang angkasa CHEOPS, sehingga dapat membantu memahami bagaimana planet ekstrasurya ini ada dalam orbit ekstrem seperti itu. 

"Sungguh luar biasa bahwa CHEOPS benar-benar mampu mengungkapkan deformasi kecil ini," kata astronom Jacques Laskar dari Observatorium Paris, Université Paris Sciences et Lettres di Prancis dikutip MNC Portal Indonesia dari laman Sciencealert, Senin (17/1/2022). 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut