get app
inews
Aa Read Next : Makna dan Filosofi Ageman Songkok Singkepan Ageng yang Dikenakan Presiden Jokowi saat HUT RI

10 Film Perjuangan untuk Nonton Bareng di Malam Menjelang HUT RI

Rabu, 16 Agustus 2023 | 09:34 WIB
header img
Nonton bareng film perjuangan kemerdekaan RI bisa menjadi alternatif acara jelang peringatan 17 Agustus. (Foto: iNews.id)

5. Naga Bonar

"Naga Bonar" mengambil latar perang kemerdekaan Indonesia dan mengisahkan tentang Naga Bonar, mantan copet di Medan yang kemudian menjadi tentara garis depan dalam perlawanan terhadap Belanda. Film ini dikenal dengan kalimat ikoniknya, "Apa Kata Dunia," dengan logat khas Batak yang menjadi ciri khas film ini.

6. Darah Garuda

Bagian kedua dari Trilogi Merdeka ini dirilis pada 8 September 2010. "Darah Garuda" masih mengisahkan tentang pertempuran dengan Belanda dan persahabatan antara tentara-tentara dengan latar belakang yang berbeda. Film ini memiliki lebih banyak adegan peledakan dibandingkan dengan sekuel pertamanya.

7. Kartini

“Kartini" merupakan film biografi tentang R.A Kartini, tokoh pejuang wanita Indonesia. Dian Sastrowardoyo memerankan peran Kartini yang memperjuangkan kesetaraan hak bagi semua orang, baik ningrat maupun bukan.

8. Tjoet Nja' Dhien

Film ini menceritakan tentang pahlawan wanita dari Aceh, Cut Nyak Dien, yang memimpin perang melawan Belanda. Perang ini menjadi perang terpanjang dalam sejarah kolonial Hindia Belanda. Film ini berhasil meraih sembilan Piala Citra.

9. Hati Merdeka

"Hati Merdeka" adalah bagian terakhir dari Trilogi Merdeka yang tayang pada tahun 2011. Film ini mengisahkan tentang misi yang berakhir dengan tragedi, kehilangan anggota kelompok, dan ujian kesetiaan kelompok.

10. Guru Bangsa Tjokroaminoto

Film "Guru Bangsa Tjokroaminoto" yang dirilis pada tahun 2015 mengisahkan tentang biografi pahlawan nasional Tjokroaminoto. Film ini berhasil memenangkan tiga nominasi di Festival Film Indonesia 2015. Aktor Reza Rahardian memerankan peran Tjokroaminoto.

Itulah 10 rekomendasi film kemerdekaan Indonesia yang dapat membangkitkan semangat nasionalisme dan mengenang perjuangan pahlawan-pahlawan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut