get app
inews
Aa Read Next : Amankah Wisata di Lereng Gunung Slamet Setelah Statusnya Naik Jadi Waspada?

Meriah, BI Purwokerto Berkolaborasi dengan Dinporabudpar Gelar QRIS Baturraden Festival

Senin, 21 Agustus 2023 | 08:05 WIB
header img
Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Purwokerto bersama Dinporabudpar Kabupaten Banyumas berkolaborasi menggelar Festival Baturraden. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwkerto.id-Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Purwokerto bersama Dinporabudpar Kabupaten Banyumas berkolaborasi menggelar Festival Baturraden. Gelaran itu sempat mandek karena Covid-19.

Sedikit berbeda dengan konsep tahun-tahun sebelumnya, kali ini dilaksanakan lebih meriah yaitu dengan memadukan unsur budaya dan entertaintment. 

Tak lupa pula karena rangkaian acara ini juga bersamaan dengan Pekan QRIS Nasional 2023 dengan tema “QRISnya Satu Menangnya Banyak!”, maka disertai pula edukasi kepada masyarakat untuk melakukan pembayaran cashless menggunakan uang digital dengan cara melakukan scan QRIS untuk segala aktifitas dalam gelaran tersebut.

QRIS Baturraden Festival (QBFest) 2023 dilaksanakan 2 hari, yaitu pada tanggal 19-20 Agustus 2023 di Bukit Bintang Baturraden. Tanggal 19 Agustus 2023 dimulai dari Lomba-lomba yang bersifat tradisi seperti Kontes Egrang, Lomba Balapan Mikul Pongkor Badeg, dan juga Lomba Dagelan Banyumasan “Piala Sadewo” yg didukung pula oleh Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas (DKKB) dengan tema “Uang Digital”. 

Deputi Perwakilan BI Purwokerto Mursidi mengatakan QRIS Baturraden Festival merupakan salah satu strategi dari Bank Indonesia untuk menyosialisasikan dan mengedukasi penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran non tunai. “Selain itu, BI ingin selalu ikut andil dalam pelestarian Budaya Banyumas,”katanya.

Wakil Bupati Banyumas Sadwo Tri Lastiono mengatakan BI harus selalu mendukung kegiatan-kegiatan para seniman tradisi dan dapat meningkatkan kemasan acaranya, sehingga para seniman dapat terangkat kualitasnya. “Harus ada juga generasi penerus. Acara-acara seperti dapat menambah kunjungan wisata di Banyumas, yang berdampak pada pelaku jasa pariwisata dan UMKM sekitar,”jelasnya.

Tanggal 20 Agustus 2023, acara diawali dengan jalan sehat dan resik-resik Baturraden. Sedikit berbeda dengan acara jalan sehat lain, dalam kegiatan ini selain mengajak masyarakat untuk berolahraga, tapi juga ada edukasi mengenai pentingnya kebersihan lingkungan. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut