get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Kebumen Alokasikan Rp9,2 Miliar Beli 154 Ribu Lebih Zak Semen

Hari Jadi Kebumen Diperingati di Pantai Logending, Ini Capaian Pemerintah

Selasa, 22 Agustus 2023 | 07:07 WIB
header img
Upacara peringatan Hari Jadi ke-394 Kabupaten Kebumen diadakan di Pantai Logending, Ayah pada Senin (21/8/2023).  (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Upacara peringatan Hari Jadi ke-394 Kabupaten Kebumen diadakan di Pantai Logending, Ayah pada Senin (21/8/2023). 

Ini adalah kali pertama peringatan hari jadi kabupaten diadakan di wilayah paling Barat dari Kabupaten Kebumen. Tahun sebelumnya, acara ini diadakan di Kecamatan Prembun.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bertindak sebagai pembina upacara. Hadir juga mantan Bupati Kebumen, Buyar Winarso, dan Yazid Mahfudz. Selain itu, Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta stafnya, para Camat dan stafnya, serta Kepala Sekolah, semuanya mengenakan pakaian adat Jawa.

Bupati menyatakan bahwa upacara tahun ini memiliki keunikan karena diadakan di Ayah. Hal ini disebabkan karena Ayah merupakan gerbang masuk Kabupaten Kebumen dari sisi Barat dan merupakan wilayah strategis bagi wisatawan.

"Melaksanakan upacara di Ayah menunjukkan keseimbangan dan kesetaraan pembangunan di sisi timur, barat, utara, dan selatan dengan komitmen yang kokoh," kata Bupati.

Bupati juga menyampaikan capaian-capaian yang telah diraih oleh pemerintah Kabupaten Kebumen. Misalnya, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kebumen sebesar 5,79 persen, lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi provinsi dan nasional. Penurunan angka kemiskinan sebesar 1,49 persen, yang sangat signifikan.

Selanjutnya, Kabupaten Kebumen berhasil mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan selama enam tahun berturut-turut. Ini menunjukkan penggunaan anggaran yang baik oleh eksekutif dan kontrol dari legislatif, sebagai bentuk komitmen pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean governance).

Selain itu, pemerintah Kabupaten Kebumen telah merekrut 2.064 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), terdiri dari 1.932 guru, 25 tenaga teknis, dan 107 tenaga kesehatan. Pada tahun 2023, selain merekrut 448 P3K untuk guru, juga akan merekrut 131 P3K untuk tenaga kesehatan.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut