get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Kebumen Alokasikan Rp9,2 Miliar Beli 154 Ribu Lebih Zak Semen

Alokasi Rp77 Miliar, Ini Daftar Perbaikan 24 Ruas Jalan dan 4 Jembatan 

Selasa, 29 Agustus 2023 | 09:09 WIB
header img
Pemkab Kebumen terus melakukan percepatan pembangunan jalan dan jembatan di beberapa wilayah di Kebumen. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id- Pemkab Kebumen terus melakukan percepatan pembangunan jalan dan jembatan di beberapa wilayah di Kebumen. Tahun ini, ada 28 pengerjaan infrastruktur yang dilaksanakan. Rinciannya  24 proyek perbaikan ruas jalan serta empat proyek pembangunan jembatan yang sedang dikerjakan oleh pemerintah daerah.

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, mengungkapkan bahwa biaya yang dialokasikan untuk perbaikan dan pembangunan jalan serta jembatan ini mencapai Rp 77.190.405.000 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten serta sebagian merupakan bantuan dari provinsi.

"Di tahun ini, ada 24 proyek perbaikan ruas jalan yang tersebar di berbagai wilayah Kabupaten Kebumen dengan total anggaran lebih dari Rp 77 miliar. Beberapa proyek sudah selesai, ada yang masih dalam tahap pelaksanaan," ujar Bupati dalam pernyataannya pada Senin, 28 Agustus 2023.

Bupati menekankan bahwa pembangunan infrastruktur merupakan salah satu program yang dijalankan setiap tahun, terutama dalam hal perbaikan jalan, pembangunan jembatan, drainase, talud, dan lain sebagainya. Meskipun tidak bisa mencakup semuanya secara seketika, pembangunan tetap dilaksanakan secara bertahap.

"Kami terus melaksanakan pembangunan infrastruktur setiap tahun di berbagai wilayah, baik dalam bentuk jalan maupun jembatan. Sebagai contoh, baru-baru ini saya secara langsung memantau pembangunan jembatan di Kedungwringin, Sempor. Di sana, jalur transportasi harus menyeberangi sungai dan hal ini sempat menjadi viral. Saat ini, kami tengah melaksanakan pembangunan di lokasi tersebut," tambahnya.

Dengan adanya pembangunan di sejumlah ruas jalan, menurut Bupati, persepsi bahwa pembangunan hanya difokuskan di kota bisa terpatahkan. Fakta yang diungkapkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menyatakan bahwa pembangunan jalan justru lebih banyak dilakukan di wilayah.

"Dalam setiap rencana pembangunan yang kami tetapkan, kami selalu mengutamakan aspek pemerataan. Pembangunan tidak hanya terpusat di kota, wilayah juga mendapatkan perhatian pembangunan, dan ini terus kami lakukan secara bertahap," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kebumen, Joni Hernawan, menambahkan bahwa pada tahun ini, pemerintah melalui program Inpres Jalan Daerah akan memulai tahap awal pelaksanaan di sejumlah ruas jalan.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut