get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Jadi Tuan Rumah Smart Green ASEAN Cities UNCDF, Banyumas Disebut Masuk Level ASEAN

Selasa, 12 September 2023 | 16:39 WIB
header img
Banyumas tuan rumah Smart Green Asean Cities  (SGAC) Programme’s 2nd City Windows Series dengan tema Transforming Cities Planning, Structuring, and Financing Project. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Banyumas telah menjadi kabupaten pertama di Indonesia yang menjadi tuan rumah dalam Smart Green Asean Cities  (SGAC) Programme’s 2nd City Windows Series dengan tema “Transforming Cities Planning, Structuring, and Financing Project” atau "Transformasi Perencanaan, Struktur, dan Pembiayaan Proyek Kota" sebagai contoh dalam pengelolaan sampah.

Sebanyak 13 kota dari 8 negara yang tergabung dalam jaringan SGAC sedang mengadakan pertemuan dari tanggal 12-14 September 2023 di Java Heritage Hotel Purwokerto. Kemudian pada Rabu (13/9/2023)  bakal melihat secara langsung bagaimana Banyumas mengelola sampah.

Manajer Program SGAC UNCDF, Chenchi G Dorjee, menjelaskan bahwa Banyumas terpilih sebagai tuan rumah karena dianggap mampu menjadi yang terdepan dalam pengelolaan sampah.

"Kami terkesan dengan bagaimana tim dari Banyumas berhasil mengelola sampah dan mengubahnya menjadi sumber penghasilan," ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Banyumas dipilih sebagai kandidat terpilih dari beberapa kota yang diusulkan oleh Pemerintah Indonesia setelah melalui beberapa proses penilaian yang menunjukkan bahwa Banyumas telah mencapai tingkat ASEAN.

Bahkan, Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Novrizal Tahar mengatakan Kota Purwokerto, Banyumas terpilih menjadi salah satu kota yang ikut dalam program Smart Green ASEAN Cities. “Artinya, untuk penanganan sampah, Kota Purwokerto, Banyumas telah masuk level Asean,”jelasnya.

Sementara Bupati Banyumas Achmad Husein mengaku bangga dan senang dengan terpilihnya Banyumas sebagai tuan rumah Seri Kedua Program Smart Green ASEAN Cities.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut