get app
inews
Aa
Read Next : Putra Asal Solo, Mayjen TNI Tandyo Budi Revita Jabat Pangdam IV Diponegoro

Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Jabat Pangkostrad, Pengamat: Regenerasi TNI Jalan

Minggu, 23 Januari 2022 | 06:32 WIB
header img
Mayjen TNI Maruli Simanjuntak

JAKARTA, iNews.id - Mayjen TNI Maruli Simanjuntak resmi ditunjuk sebagai Pangkostrad oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Jabatan Pangkostrad kosong sempat selama dua bulan.  

Penunjukan Pangkostrad baru tertuang dalam SK Jabatan Nomor 66/I/2022 nggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.  

Terkait hal itu, Pengamat militer Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Anton Aliabbas menilai roda regenerasi yang ada di tubuh TNI AD mulai berjalan. 

Sebab, lulusan Akademi Militer (Akmil) angkatan 1990-1992 mulai berpangkat bintang 3 atau Letjen.  "Roda regenerasi terutama di tubuh TNI AD sudah mulai bergerak. Ini ditandai dengan adanya lulusan Akmil 1990 sampai 1992 sudah mulai menjabat pos bintang 3," ujar Anton dalam keterangannya, Minggu (23/1/2022).  

Maruli juga menjadi jawaban kekhawatiran banyak pihak yang menyebut adanya ketersendatan regenerasi. Sebab, ada banyak perwira yang tidaklah memiliki jabatan.  

Diketahui, Maruli merupakan abituren Akmil 1992. Sedangkan, dua nama lain di tubuh TNI AD yang mendapat promosi bintang 3 ada Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, menjadi Pangkogabwilhan III (Akmil 1990) dan Mayjen TNI Agus Subiyanto (Akmil 1991) sebagai Wakil KSAD.  

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut