get app
inews
Aa Read Next : Deretan Artis yang Bangun Masjid, Tak Hanya di Indonesia Juga di Manca Negara

Wasiat Dorce Ingin Dimakamkan Sebagai Perempuan, Begini Mengurus Jenazah Transgender Menurut Islam

Senin, 24 Januari 2022 | 16:54 WIB
header img
Dorce Gamalama ingin dimakamkan seperti dirinya saat ini yakni sebagai perempuan. (Foto: YouTube Curhat Bang Densu)

WASIAT  Dorce Gamalama yakni ingin dimakamkan seperti dirinya saat ini yakni sebagai perempuan. Saat ini Dorce masih terus berjuang melawan sakitnya dan  berharap kembali sehat.

Dia mengungkapkan sudah mempersiapkan kain kafan dan makam di dekat rumahnya.

"Setelah operasi, saya menjadi perempuan dan punya kelamin perempuan. Jadi kalau saya meninggal dunia, saya mau dimakamkan sebagai perempuan," ungkap Dorce Gamalama, dikutip dari kanal YouTube Curhat Bang Densu.

Lantas, bagaimana hukum mengurus jenazah transgender menurut ajaran agama Islam?

Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA menjelaskan bahwa seorang transgender ketika sudah meninggal maka jenazahnya harus diurus sebagaimana jenis kelamin asalnya.

"Kembali kepada jenis kelamin asalnya. Kalau dia laki-laki, maka yang memandikan laki-laki, walaupun sudah operasi. Kalau dia perempuan, lalu mengubah, berarti perempuan yang memandikannya," ujar Ustadz Khalid Basalamah, seperti dikutip dari kanal YouTube Kebumen Mengaji, Senin (24/1/2022).

Ia menegaskan bahwa tidak dibenarkan seseorang melakukan operasi kelamin untuk menjadi transgender. Ini hukumnya sangat dilaknat menurut ajaran agama Islam.

"Dan ini tidak benar, tidak benar. Tidak boleh operasi kelamin. Enggak boleh. Pemerintah harus menerapkan hukum tegas. Mau operasi enggak boleh, enggak boleh. Enggak dibolehkan, enggak bisa. Jangan. Karena ini akan menjadi contoh orang-orang lain," ujarnya.

Ustadz Khalid Basalamah pun menyarankan para transgender dan sejenisnya tersebut segera melakukan pengobatan agar tidak menyimpang dari syariat Islam.

"Dia harus terapi, berobat, supaya dia bisa hilang dari penyakit itu," paparnya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut