get app
inews
Aa Read Next : Umat Kristiani Lingkungan PT KPI RU IV Cilacap Gelar Bakti Sosial

Produksi Green Diesel Ramah Lingkungan, Kilang Cilacap Raih Penghargaaan Dharma Karya Madya ESDM

Minggu, 08 Oktober 2023 | 09:32 WIB
header img
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap berhasil meraih penghargaan Dharma Karya Madya dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI. (Foto: Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap berhasil meraih penghargaan Dharma Karya Madya dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia. 

Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan terhadap prestasi tim Project Collaboration Improvement (PC Prove) Omega dalam inovasi Green Energy, khususnya produk Pertamina Renewable Diesel (RD).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri ESDM, Arifin Tasrif, kepada tim Project Collaboration Improvement (PC Prove) Omega di Plaza Setjen Kementerian ESDM, Jakarta, pada hari Senin, tanggal 2 Oktober 2023.

Ketua PC Prove Omega PT KPI RU IV, Mulyono, menjelaskan bahwa timnya telah berhasil mengembangkan inovasi terkait 'Produksi Pertamina RD dalam konteks Green Refinery sebagai Proyek Strategis Nasional dengan meningkatkan fleksibilitas Unit TDHT di PT KPI RU IV Cilacap'. 

"Inovasi PC Prove Omega dalam memproduksi Pertamina RD adalah langkah konkret PT KPI dalam mendukung visi pemerintah untuk mewujudkan transisi ke Green Energy yang berkelanjutan dan mencapai target Net Zero Emisi pada tahun 2060,”jelasnya.

Pertamina RD adalah jenis bahan bakar diesel yang ramah lingkungan yang dihasilkan dari pengolahan minyak sawit (Refined Bleached Deodorized Palm Oil/RBDPO) di Unit TDHT melalui serangkaian proses yang menghasilkan produk Green Diesel. 

"Uji coba pengolahan bahan nabati ini telah dimulai sejak tahun 2014 melalui co-processing, yang berarti bahan nabati dicampur dengan bahan bakar fosil dengan tujuan menghasilkan biofuel berkualitas unggul dan kompatibel tanpa batasan blending dalam bahan bakar diesel,”jelasnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut