get app
inews
Aa Read Next : Masuk Semifinal, Indonesia Bakal Hadapi Pemenang antara Uzbekistan atau Arab Saudi

ASEAN Panji Festival di Solo, Kenalkan Seni Topeng dan Pertemukan Seniman 9 Negara

Kamis, 26 Oktober 2023 | 15:59 WIB
header img
ASEAN Panji Festival tahun 2023 resmi berakhir pada Rabu (25/10) kemarin di Balai Kota Surakarta, setelah hampir tiga pekan digelar. Foto: Dok Kemendikbudristek

SOLO, iNewsPurwokerto.idASEAN Panji Festival tahun 2023 resmi berakhir pada Rabu (25/10) kemarin di Balai Kota Surakarta, setelah hampir tiga pekan digelar. Penutupan festival berlangsung meriah, dihadiri oleh ribuan penonton yang antusias menyaksikan kolaborasi seniman lokal Surakarta dengan delapan negara ASEAN.

Pada malam penutupan ASEAN Panji Festival ini, seluruh delegasi dari Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam yang merupakan seniman dari negaranya berkolaborasi dengan seniman Surakarta menyajikan pertunjukan epik Cerita Panji dalam Lakon "Panji Semirang''. Tampak tak sedikit dari penonton yang hadir dengan mengenakan kebaya, batik, lurik, dan blangkon, menantikan pementasan Cerita “Panji Semirang”.

Cerita Panji Semirang sendiri bercerita pada lika-liku percintaan, pengembaraan, perjuangan, dan persatuan antara Raden Panji Asmarabangun atau Raden Panji Inu Kertapati, putra mahkota Kerajaan Jenggala dengan Dewi Sekartaji atau Dewi Candrakirana dari Kerajaan Panjalu atau Kadiri. Masing-masing negara bergantian memainkan adegan demi adegan yang menjadi satu cerita utuh. 

Delegasi Laos menjadi yang paling pertama tampil. Disusul oleh delegasi Kamboja, Myanmar, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, Indonesia, dan Singapura.

Satu per satu negara menyajikan pertunjukan dengan ciri khas masing-masing, mulai dari tarian, musik, riasan wajah, hingga kostum yang mereka kenakan. Selama pertunjukan berlangsung, penonton sangat antusias mengikuti jalannya cerita. Mereka tak beranjak hingga pertunjukan berakhir. 

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Irini Dewi Wanti, mengatakan jika pada tanggal 7 sampai 25 Oktober, pertunjukan kolaborasi Panji dari sembilan negara ditampilkan dengan memesona.

"Seni yang menakjubkan, dan pertukaran budaya yang tak ternilai. ASEAN Panji Festival adalah refleksi dari warisan panjang dan beragam yang dimiliki oleh negara-negara ASEAN, dan kesempatan bagi kita semua untuk merayakan kekayaan tersebut," kata Irini dalam keterangannya, Kamis (26/10/2023).

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut