get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Sederet Kuliner Khas Banyumas, Ada Nopia hingga Jenang Jaket yang Rasanya Bikin Penasaran

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 12:08 WIB
header img
Pembuatan Nopia, salah satu makanan khas Banyumas yang masih dikerjakan dengan cara tradisional. Foto: Elde Joyosemito

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Liburan ke Kabupaten Banyumas belum lengkap jika tidak menjajal kuliner khas Banyumas. Selain ada banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi, Kabupaten ini juga memiliki oleh-oleh khas Banyumas yang dapat Anda baw pulang sebagai oleh-oleh untuk orang terdekat.

Selain memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Banyumas juga terkenal dengan surga kulier d Indonesia. Banyak ragam kuliner yang dapat dicicipi mulai dari makanan ringan hingga kudapan yang biasa dijadikan lauk saat makan besar.

Nah! Jika Anda memilih berlibur ke Banyumas, jangan lewatkan untuk berburu oleh-oleh khas dan unik di Kabupaten Banyumas. Berikut beberapa kuliner khas Banyumas hingga oleh-oleh khas Banyumas seperti dirangkum iNews.id pada Jumat (27/10).

Kuliner Khas Banyumas

1. Jalabiya

Salah satu kuliner khas saat ke Banyumas adalah jalabiya. Makanan khasnya yang satu ini terbuat dari singkong yang telah diparut dan diperas sari patinya. Sari pati tersebut kemudian dicampur dengan berbagai bahan lain, kemudian dikukus. Rasa kuliner khas Banyumas ini sendiri manis dan gurih serta enak, cocok dijadikan camilan atau teman minum kopi.

2. Gesret

Gesret juga termasuk bagian dari kuliner khas Banyumas, hidangan satu ini pastinya tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Kabupaten di Jawa Tengah tersebut. Makanan ini juga dibuat dari parutan singkong yang dicampur dengan bumbu dan gula Jawa. Bahan-bahan tersebut lantas dikukus dan disajikan dengan taburan kelapa.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut