get app
inews
Aa Read Next : Pedagang Sayur Keliling di Kebumen Diundang Bupati, Diajak Bukber Bersama Para Ulama

Kini Kebumen Garap Punya Pilot Project Desa Cerdas, Apa Itu? 

Minggu, 05 November 2023 | 10:22 WIB
header img
Pekan lalu, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto secara resmi meluncurkan pilot project Pembangunan Desa Cerdas di Pendopo Kecamatan Kebumen. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Pekan lalu, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto secara resmi meluncurkan pilot project Pembangunan Desa Cerdas di Pendopo Kecamatan Kebumen. 

Peluncuran ini ditandai dengan penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan Desa Cerdas oleh Kepala Desa, Camat, Kepala Dinas Terkait, dan dihadiri oleh Bupati Kebumen. 

Desa Cerdas adalah turunan dari konsep Smart City atau kota cerdas, di mana sebelumnya Kebumen telah masuk dalam Gerakan Menuju 100 Smart City di Indonesia.

Bupati menyambut baik kehadiran pilot project pembangunan Desa Cerdas. Ia mengungkapkan bahwa Desa Cerdas menggabungkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan pelayanan publik bagi warga guna mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Desa.

"Desa Cerdas ini merupakan upaya percepatan transformasi pembangunan desa agar desa dapat mandiri, sejahtera, dan demokratis melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang," kata Bupati yang didampingi oleh Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih.

Bupati menjelaskan bahwa pembangunan daerah harus dimulai dari tingkat desa. Baginya, sebuah daerah tidak akan maju jika penduduk desanya tidak turut maju. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya mendorong masyarakat untuk beradaptasi dengan perubahan zaman, terutama dalam hal teknologi informasi dan komunikasi.

"Dengan konsep desa cerdas ini, kami berharap dapat menciptakan masyarakat yang cerdas, ekonomi yang cerdas, tata kelola yang cerdas, lingkungan yang cerdas, kehidupan yang cerdas, dan mobilitas yang cerdas," ungkapnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut