get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pilkada 2024, Dipendukcapil Purbalingga Permudah Pemohon KTP-el

Kisah Sukses Pabrik Rambut Palsu di Purbalingga, Mampu Ekspor ke Italia untuk Dongkrak Ekonomi Lokal

Kamis, 09 November 2023 | 20:21 WIB
header img
Kisah Sukses Pabrik Rambut Palsu di Purbalingga, Mampu Ekspor ke Italia untuk Dongkrak Ekonomi Lokal. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id - Rambut palsu asal Kabupaten Purbalingga sudah dikenal berbagai negara akan kualitasnya. Kebanyakan, produk yang berasal dari rambut manusia ini akan diekspor menjadi bahan baku pembuatan wig dan ekstensi rambut.

Kabupaten yang mampu menjadi penyedia bahan baku rambut manusia berkualitas ekspor ini biasanya banyak diminati oleh negara-negara mode seperti Italia yang kerap meminta rambut bekas potong. Kebanyakan mereka minat dengan negara-negara Asia seperti Indonesia dengan alasan rambut asal Asia berwarna hitam.

Adrianus Widya Krisnadi atau yang akrab disapa Krisna, pendiri PT. Bejana Cita Settara (PT BCS), mengatakan jika perusahannya telah berhasil mengekspor produknya hingga ke Italia.


Kisah Sukses Pabrik Rambut Palsu di Purbalingga, Mampu Ekspor ke Italia untuk Dongkrak Ekonomi Lokal. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

 

"Saya memulai bisnis ini hanya sebagai trader, saya punya klien yang ingin dikirimkan sampel rambut, lalu saya kirim lah beberapa sampel rambut sekitar tahun 2020 di bulan Agustus, saya kirim ke Itali. Kemudian setelah itu pesanannya bertambah, kebutuhan semakin banyak sampai sekarang. Setiap bulan bisa memproduksi hingga 2 ton," kata Krisna yang memiliki usaha di Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari kepada wartawan, Kamis (9/11/2023).

Krisna menjelaskan jika pasar Eropa sangat menyukai rambut asal Indonesia karena karakteristiknya yang bagus untuk diwarnai. Biasanya, sebelum melakukan ekspor, pabriknya terlebih dahulu akan mengolah rambut dengan cara diuraikan, disisir, dicuci, dan dikemas ulang sebelum nantinya dikirim.

"Kalau rambut Indonesia karakteristiknya bagus untuk diwarnai, seperti warna silver, warna pirang, jadi bagus sekali. Jadi nanti bahan baku ini akan mereka warnai, kemudian dijadikan wig atau ekstention rambut. Kemudian dijual ke beberapa negara seperti Amerika, Spanyol, dan ada juga ke Jerman," ucapnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut