get app
inews
Aa Read Next : Polisi Tangkap Pengedar Psikotropika di Cilongok Banyumas, Amankan Ribuan Obat-obatan Berbahaya

Aksi Kriminal Ini yang Perlu Diwaspadai Saat Jelang Lebaran

Jum'at, 07 Mei 2021 | 13:04 WIB
header img
Kapolresta Banyumas, Kombes M Firman Lukmanul Hakim. (Foto: Bayu Sasongko)

PURWOKERTO, iNews.id- Masa-masa jelang Lebaran, bisanya karena berbagai faktor, baik ekonomi maupun kesempatan, tingkat sejumlah tindak kriminalitas akan naik. Namun, untuk mengantisipasi hal tersebut, jajaran Polresta Banyumas sudah menyiapkan tim khusus, dan meminta bantuan dari tim Jihandak Polda Jawa Tengah.

"Ada beberapa tingkat kriminalitas, yang sudah kita lihat pertama ini adalah main petasan, dan sudah mulai meningkatnya minuman keras," ujar Kapolresta Banyumas, Kombes M Firman Lukmanul Hakim, Jumat (7/5/2021).

Firman membeberkan, pihak kepolisian juga mengantisipasi kriminalitas jalanan yang mungkin terjadi pada masa-masa itu. Seperti, copet, jambret, ataupun kejahatan terhadap nasabah bank.

"Kami mengimbau kepada masyarakat apabila akan mengambil uang, apalagi dalam jumlah besar, tolong beritahu kami atau diinfokan. Supaya kami dapat mengawal. Jangan sampai terjadi tindak pidana pencurian," ujar Kapolresta.

Kapolresta juga mengungkapkan, Polresta Banyumas telah bekerjasama dengan Kodim 0701 Banyumas, dalam rangka mengantisipasi kerawanan keamanan di masa-masa jelang Lebaran ini.

"Tim khusus ada, yakni timnya dari Kasat Sabhara. Ini memang disiapkan khusus. Kami juga minta bantuan dari Polda, tim Jihandak untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Kapolresta.

Ditegaskan Firman, dalam melakukan tindakan pihaknya tetap mengedepankan langkah preemfif dan preventif. Sehingga sekecil mungkin dilakukan tindakan represif, atau bilamana perli tidak dilakukan.

"Disinilah kami berharap partisipasi masyarakat. Jangan ragu masyarakat untuk minta bantuan kepada kami TNI, Polri karena keberadaan kami itu ada untuk masyarakat," ujarnya.

Editor : Bayu Sasongko

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut