get app
inews
Aa Read Next : Amerika Tak Lagi Pede, Sebut Israel Tidak akan Menang Perang dan Mampu Melenyapkan Hamas

Pemerintah Indonesia Sebut Israel Bukan Membela Diri Serang Gaza, karena Mental Zionis Penjajah

Rabu, 22 November 2023 | 13:05 WIB
header img
Menlu RI Retno LP Marsudi berbincang dengna Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov membahas serangan Israel ke Gaza. Menlu mengatakan Israel menyerang Gaza bukan karena membela diri, tapi karena memang mereka penjajah. Foto: Twitter Menlu Retno LP Marsudi

MOSKOW, iNews.id - Pemerintah Indonesia, melalui Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, menyatakan bahwa klaim Israel terkait serangan terhadap Gaza, Palestina, yang menyebutnya sebagai tindakan pembelaan diri, tidak dapat diterima karena rezim Zionis penjajah.

Pernyataan ini disampaikan oleh Menlu Retno dalam pertemuan dengan para Menteri Luar Negeri Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Moskow. 

Dalam video press briefing yang dibagikan oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Rabu (22/11/2023), Retno menegaskan, "Saya dalam pertemuan menyampaikan bahwa alasan Israel mengenai apa yang dilakukan saat ini sebagai bentuk pembelaan diri sangat tidak dapat diterima."

Menlu Retno melanjutkan, "Pertama, karena alasan tersebut tidak dapat digunakan oleh penjajah seperti Israel." Ia juga menambahkan, "Yang kedua, alasan pembelaan diri tidak dapat digunakan untuk menyerang warga sipil dan fasilitas sipil."

Retno menyebut bahwa Rusia merespon positif kunjungan para Menteri Luar Negeri OKI sebagai tindak lanjut dari KTT Bersama OKI-Liga Arab di Riyadh pada 11 November 2023. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut