get app
inews
Aa Read Next : Berapa Rincian Kenaikan Gaji PNS dan PPPK 2024

Presiden Jokowi hingga Soe Hok Gie, Tokoh yang Aktif di Mahasiswa Pecinta Alam

Senin, 31 Januari 2022 | 19:53 WIB
header img
Menjadi bagian mahasiswa pecinta alam ( Mapala ) bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, dibutuhkan tekad dan mental yang kuat. (Foto: pendakicantik.com)

JAKARTA, iNews.id - Kecintaan terhadap alam bebas, membuat sebagian orang bertekad untuk memasuki dunia pecinta alam. Bukan hanya bergerak di alam bebas, namun kelompok pecinta alam dapat lebih menyalurkan hobinya di bidang lingkungan hidup, konservasi alam, hingga kegiatan ekstrem di alam bebas dengan teknik dan kemampuan yang telah mumpuni.  

Menjadi bagian mahasiswa pecinta alam ( Mapala ) bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, dibutuhkan tekad dan mental yang kuat, selain itu belajar berorganisasi dalam kelompok ini merupakan hal yang sangat bermanfaat dikemudian hari, karena Mapala telah banyak ditempa di alam bebas.

Namun, tokoh berikut ini gigih menggeluti kegiatan alam dengan bergabung menjadi mahasiswa pecinta alam. Berikut tokoh-tokoh yang aktif di mahasiswa pecinta alam.

1. Herman Lantang

Herman Lantang merupakan aktivis di zaman Soekarno. Herman lahir di Tomohon, Sulawesi Utara, pada 2 Juli 1940.

Selama menempuh pendidikannya di Universitas Indonesia, Herman tercatat pernah menjadi ketua Mapala UI pada periode 1972-1974. Tak hanya itu, ternyata Herman juga menjadi salah satu sosok pendiri unit kegiatan mahasiswa Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia sekaligus pelopor pendaki gunung dan penjelajah Indonesia 'The Legend'.

Herman merupakan sahabat dari sosok Soe Hok Gie. Pria bernama lengkap Herman Onesimus Lantang telah tutup usia pada Maret 2021.

2. Joko Widodo

Presiden Joko Widodo merupakan alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM). Semasa mengemban ilmu di sana, Jokowi aktif di beberapa kegiatan kemahasiswaan, salah satunya mapala. Pria kelahiran Surakarta, 21 Juni 1961 itu bergabung dengan Mapala Silvagama.

Silvagama merupakan sebutan unit kegiatan mahasiswa kepecintalaman tingkat Fakultas Kehutanan UGM. Bahkan Jokowi pernah mengikuti ekspedisi ke Gunung Kerinci, Sumatera Barat pada 1983.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut