get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Registrasi Jalur SNBP Unsoed Mulai Jumat Hari Ini

Tular Nalar dan Ilmu Komunikasi Unsoed Gelar Edukasi Pengindraan Hoaks untuk Gen Z

Kamis, 14 Desember 2023 | 08:07 WIB
header img
Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed bersama Tular Nalar melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat tentang Edukasi Pengindraan Hoaks jelang Pemilu 2024. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed bersama Tular Nalar melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat tentang “Edukasi Pengindraan Hoaks jelang Pemilu 2024” pada Selasa (12/12/2023).

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SMA Negeri 1 Banyumas. Kegiatan edukasi ini berhasil menarik partisipasi aktif dari siswa-siswi SMA Negeri 1 Banyumas, yang menandai sebuah langkah signifikan dalam membekali mereka dengan keterampilan esensial di era digital. 

Acara ini bukan sekedar forum edukasi, tetapi juga sebuah ajang interaksi dan kolaborasi antara pelajar dan para fasilitator dari Ilmu Komunikasi Unsoed. Para fasililitator memberikan pemahaman seputar pemilu, deteksi hoaks, hingga tips untuk meningkatkan kesadaran kritis di kalangan Gen Z, khususnya siswa-siswi SMA Negeri 1 Banyumas.

Saat membuka kegiatan, Program Manager Tular Nalar Santi Indra Astuti lewat video menekankan pentingnya pemikiran kritis dan literasi digital di era digital. 

"Di era informasi ini, sangat penting bagi generasi muda untuk mampu memilah informasi dengan bijak. Program Tular Nalar dirancang untuk membentuk pemikiran kritis mereka dalam menghadapi banjir informasi di era digital,”katanya.

Sementara Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Unsoed Dr Edi Santoso mengajak peserta untuk mengembangkan empati dan toleransi, terutama dalam interaksi media sosial. 

"Dalam era digital saat ini, sangat penting untuk berempati dan bertoleransi. Kita harus memahami perbedaan sudut pandang antar individu," katanya saat memberikan sambutan.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut