get app
inews
Aa Read Next : 11 Mahasiswa Unsoed Belajar Satu Semester di LN, Ada yang di Spanyol, Irlandia hingga Rusia 

Prof Adhi Iman Sulaiman Dikukuhkan Jadi Guru Besar Pertama Jurusan Komunikasi Unsoed

Jum'at, 24 November 2023 | 10:07 WIB
header img
Prof Dr Adhi Iman Sulaiman, SIP, MSi, dikukuhkan sebagai Guru Besar Pertama di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. (Foto: Unsoed)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Prof Dr Adhi Iman Sulaiman, SIP, MSi, dikukuhkan sebagai Guru Besar Pertama di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto pada Kamis (23/11/2023). Acara pengukuhan berlangsung di Auditorium Graha Widyatama Prof. Rubijanto Misman Unsoed.

Dalam orasi ilmiahnya yang berjudul "Komunikasi Partisipatif Sebagai Reformasi Sosial, Ekonomi Pembangunan (Resep), dalam Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan untuk Kesejahteraan dan Kemandirian," Prof Adhi Iman Sulaiman menjelaskan konsep komunikasi pemberdayaan sebagai bentuk nyata dari komunikasi pembangunan partisipatif.

Komunikasi ini bersifat dialogis dan aspiratif, di mana terjadi interaksi antara masyarakat dan pemerintah dengan kesetaraan yang tinggi. 

Dengan pendekatan ini, aspirasi dan keinginan masyarakat menjadi fokus utama, memungkinkan pembangunan sesuai dengan kebutuhan dan meraih tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.

Prof Adhi Iman Sulaiman menekankan bahwa melalui komunikasi partisipatif ini, masyarakat Indonesia, khususnya di daerah pedesaan, dapat mencapai tingkat kesejahteraan yang lebih baik. Dengan memanfaatkan potensi dan kemampuan di lingkungan mereka, masyarakat dapat aktif terlibat dalam proses pembangunan.

"Problematika yang dihadapi secara lokal, terutama di pedesaan, terkait dengan pembangunan di perkotaan dan pedesaan, seperti urbanisasi dan migrasi. Generasi muda di desa tidak salah jika memilih urbanisasi ke perkotaan, terutama untuk mencari pendidikan dan pekerjaan," katanya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut