get app
inews
Aa Read Next : 8 Tempat Wisata di Purbalingga untuk Isi Liburan, Dipastikan Bikin Betah

Ini Lokasi Wisata Natal dan Tahun Baru 2024 di Purbalingga yang Siap Sambut Wisatawan

Jum'at, 15 Desember 2023 | 07:20 WIB
header img
Menjelang libur Nataru, Purbalingga siap sambut wisatawan, Kepala Dinporapar Prayitno kunungi sejumlah destinasi wisata. (Foto: Istimewa)

Kepada para pengelola destinasi wisata, Prayitno meminta agar mewaspadai perkembangan cuaca dan memperhatikan informasi dari instansi terkait perihal potensi bencana alam dan selalu menginformasikan situasi/kondisi terkini kepada petugas, pengunjung, dan masyarakat sekitar objek wisata dan desa wisata masing-masing. 

Langkah selanjutnya, melakukan pemetaan potensi bencana dan kecelakaan di objek wisata dan desa wisata masing-masing, mengaktifkan jaringan komunikasi dan koordinasi dengan instansi/aparatur terkait kewaspadaan bencana dan peringatan dini bencana, melakukan langkah antisipatif sesuai dengan fungsi dan peran masing-masing seperti ketersediaan Standar Operasional procedure (SOP) penanganan bencana, ketersediaan sarana prasarana dan sumber daya manusia. 

“Kami juga meminta kepada para pengelola daya tarik wisata untuk melakukan pengecekan kembali kelaikan wahana/alat/perlengkapan untuk atraksi wisata dan izin operasional aktivitas wisata pada wisata berisiko tinggi,”katanya. 

Prayitno menambahkan, seluruh pengelola destinasi juga diminta menerapkan prinsip Sapta pesona Sadar Wisata, mendorong pelaksanaan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) di sekitar Objek Wisata dan Desa Wisata masing-masing, mengantisipasi terjadinya penumpukan wisatawan pada satu titik objek wisata dan desa wisata. 

“Dengan mengunjungi beberapa destinasi wisata, kami memastikan seluruh pengelola destinasi wisata telah siap menerima kunjungan wisatawan pada libur Nataru,” tambah Prayitno. 

Ketika ditanya, soal target kunjungan wisatawan dalam libur Nataru, Prayitno memperkirakan sekitar 120 ribu pengunjung. Target itu disumbang dari 8 destinasi wisata yang dinilai favorit seperti Owabong Waterpark, D’las Serang, Taman wisata Purbasari Pancuranmas, Banjarandap Desa Banjaran, Rest area Cheng Ho, Golaga, dan Situ Tirta Marta Desa Karangcegak Kecamatan Kutasari. 

“Kunjungan wisata sejak Januari – November 2023 tercatat sebesar 2.160.665 wisatawan, dari target dalam tahun 2023 ini yang dipatok dalam dokumen RPJMD 2021 – 2026 (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) sebesar 2.100.000 wisatawan.  Sedang khusus untuk libur lebaran, ditargetkan sebesar 120 ribu wisatawan,”kata Prayitno.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut