get app
inews
Aa Read Next : Kurikulum Merdeka: Capaian dan Komitmen yang Perlu Diapresiasi

Kemendikbudristek Restorasi dan Luncurkan Film Kolosal Produksi 1952

Jum'at, 15 Desember 2023 | 14:02 WIB
header img
Film Dr Samsi besutan Ratna Asmara adalah salah satu film bermateri seluloid 35mm yang tersimpan dalam koleksi Sinematek Indonesia dengan kondisi yang nyaris punah. Foto: Dok Kemendikbudristek

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Film hitam putih hasil restorasi berjudul Dr Samsi produksi tahun 1952 bakal diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Film Dr Samsi besutan Ratna Asmara adalah salah satu film bermateri seluloid 35mm yang tersimpan dalam koleksi Sinematek Indonesia dengan kondisi yang nyaris punah dan tidak lengkap. 

Itulah yang menginisiasi Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek untuk segera melakukan tindakan restorasi sebagai bentuk penyelamatan dari format seluloid ke format digital yang lebih modern.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, mengatakan jika restorasi dan peluncuran kembali film Dr Samsi diharapkan bisa menambah kekayaan arsip dan penyelamatan materi yang selama ini pernah menjadi catatan kejayaan sinema nasional. Menurutnya, pengarsipan dan restorasi film ini menjadi salah satu kerja nyata Kemendikbudristek menghargai peran para sutradara sekaligus karya-karyanya dalam membangun industri perfilman di Indonesia.

“Kegiatan pengarsipan dan penyelamatan film-film kolosal yang pernah berjaya sudah dilakukan sejak tahun 2019 melalui pendataan dan pemetaan judul sinema dengan materi pita seluloid di seluruh Indonesia. Dari situ kemudian dilakukan kurasi dengan beberapa kriteria,” ujar Mahendra, dalam keterangan, Jumat (15/12/2023).

Mahendra mengatakan jika film-film masa lampau yang telah didata dan memenuhi kriteria akan langsung diarsip dan diselamatkan melalui alih teknologi dari format seluloid ke digital (restorasi). 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut