get app
inews
Aa Read Next : Terkait Tuntutan Soal UKT, Ini Kebijakan Unsoed Terbaru

Kapolda Jateng Lantik 726 Bintara Baru di SPN Purwokerto

Kamis, 21 Desember 2023 | 11:43 WIB
header img
Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Ahmad Luthfi melantik 726 Bintara baru Polri di Lapangan Pengayom Sekolah Polisi Negara (SPN) Purwokerto, Banyumas. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Ahmad Luthfi melantik 726 Bintara baru Polri di Lapangan Pengayom Sekolah Polisi Negara (SPN) Purwokerto, Banyumas pada Kamis (21/12/2023).

Sebanyak Bintara baru yang dilantik itu telah mengikuti Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang II Tahun Anggaran 2023 selama lima bulan di SPN Purwokerto.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kapolda Jawa Tengah, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Pol Purwadi Ariyanto menyampaikan selamat kepada para Bintara remaja yang telah menyelesaikan pendidikan pembentukan Bintara Polri dan berhak menyandang pangkat Brigadir Dua Polisi.

"Dengan berakhirnya program pendidikan ini, maka Polri telah berhasil menambah personel golongan pangkat Bintara sebanyak 15.419 orang, terdiri atas 14.771 Polisi laki laki dan 648 Polisi wanita. Hal ini tentunya menjadi suatu kekuatan strategis untuk menunjang pelaksanaan tugas Polri agar lebih optimal,”kata Kapolda Jateng. 

Kapolda Jateng menyatakan bahwa tugas polisi ke depan akan semakin berat dan kompleks. “Kondisi ini dipengaruhi oleh perkembangan lingkungan strategis yang sangat pesat,”ujarnya.

Kapolda juga meminta perhatian soal dinamika politik menjelang Pemilu 2024. Kondisi tersebut tentu akan berpengaruh pada situasi kamtibmas, apalagi ada dimensi kejahatan yang semakin canggih dengan modus dan pola baru. 

“Polri dituntut untuk melakukan langkah proaktif, melalui upaya preemtif, preventif maupun penegakan hukum,”tandasnya. 

Melalui penambahan jumlah personel ini, diharapkan penyebaran pelayanan publik semakin luas, dan kehadiran Polisi ditengah lingkungan sosial akan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Usai Upacara Penutupan Pendidikan dan Pembentukan Bintara Polri Tahun Anggaran 2023, Kapolda Jateng mengatakan 726 calon Brigadir Polri yang mengikuti pendidikan di SPN Purwokerto itu dinyatakan lulus semua.

Ia mengatakan setelah selesai kegiatan Pelantikan dan Pengambilan Penyumpahan Bintara Polri Gel II TA. 2023 SPN Polda Jateng, selanjutnya dilakukan penyerahan Bintara Remaja ke Ro SDM Polda Jateng untuk penempatan di wilayah. 

Sementara Kepala SPN Purwokerto Kombes Pol Sarif Rahman mengatakan bahwa empat siswa yang dinyatakan terbaik. Untuk nilai akademik tertinggi diraih oleh Andhika Ksatria Yudha, kemudian nilai mental kepribadian tertinggi adalah Maulana Darma Susena, nilai kesjas tertinggi Mochammad Idris Y serta nilai akhir pendidikan tertinggi diraih oleh Khoirul Umam.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut