get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Wuryanto Blusukan di Cilacap, Warga Keluhkan Jalan Rusak Menahun hingga Banyak Korban Jatuh

Kamis, 21 Desember 2023 | 22:12 WIB
header img
Wuryanto Blusukan di Cilacap, Warga Keluhkan Jalan Rusak Menahun hingga Banyak Korban Jatuh. Foto: Arbi Anugrah

CILACAP, iNewsPurwokerto.id - Ketua DPW Partai Perindo Jateng, Mayor Jenderal (Mayjen) Purnawirawan (Pur) Wuryanto blusukan dan mendengarkan keluhan warga yang ada di Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Kamis (21/12/2023) sore. Dalam blusukan tersebut, persoalan jalan rusak dan sarana kesehatan menjadi topik utama.

Dalam dialog bersama warga tersebut, hampir kebanyakan warga RW 10 Kelurahan Tritih Kulon mengeluhkan soal jalan yang rusak hingga puluhan tahun dan kebutuhan ambulan untuk membantu masyarakat yang sakit atau meninggal dunia. Sebab, wilayah RW 10 Kelurahan tersebut bisa dibilang daerah yang sangat terpencil dan jauh dari Kota, meski masuk dalam wilayah administratif Kota Cilacap.

"Saya mewakili warga RW 10, utamanya itu ingin jalan bagus, lalu selanjutnya seperti yang saya usulkan itu masalah ambulan. Karena di wilayah kami itu memang belum ada ambulan yang untuk orang-orang yang sakit dan meninggal, termasuk mau ke rumah sakit itu memang memerlukan armada khusus untuk yang benar-benar sakit," kata Sutikno, Ketua RW 10 Kelurahan Tritih Kulon.


Jalan rusak di RW 10 Kelurahan Tritih Kulon sebabkan banyak warga jatuh. Foto: Dok warga

 

Menurut Sutikno, dalam dialog tersebut, yang paling utama diminta oleh warga adalah kedua poin tersebut. Sebab, jalan di wilayahnya yang memiliki panjang sekitar 3 kilometer lebih ini sudah lama tidak mendapatkan perbaikan. Perbaikan yang dilakukan dengan pengecoran jalan oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap hanya sekitar 500 meter, sedangkan sisanya masih berupa jalan rusak.

"Jadi memang kekurangannya masih banyak, sedangkan dari pemerintah biasanya kalau ada pembangunan setahun sekali, itu juga kalau keluar, jadi mungkin agak panjang. Kalau tiap tahun begitu, kapan selesainya warga sini punya jalan bagus," ujarnya.

Ia menjelaskan jika wilayahnya memang sangat luas dan jauh dari akses Kelurahan setempat. Sehingga kebutuhan sarana kesehatan pun sangat jauh, meski masuk wilayah Kota Cilacap, terlebih ketika ada warganya yang sakit, pihaknya harus meminjam ambulan dari desa tetangga.

"Biasanya kalau ada orang sakit atau meninggal, dari kami itu biasanya ngambil ambulan itu dari luar desa, meski di Kelurahan Tritih Kulon ada (ambulan), tapi kan jauh, dari RW kami khususnya untuk ke Kelurahan Tritih Kulon itu harus melewati dua desa. Jadi bisa dibilang RW kami ini wilayah yang paling pinggir, dan seharusnya wilayah kami ini masuk Tritih Lor, tapi mungkin dari dulu sudah masuk wilayah Tritih Kulon," jelasnya.

Maka dari itu, pihaknya menginginkan agar keluh kesah mereka dapat di dengar oleh Mayjen TNI Purn Wuryanto yang merupakan caleg DPR RI dari Partai Perindo Dapil Banyumas -Cilacap nomor urut 1. 

"Yang saya harapkan utamanya ya jalan yang bagus, lalu ambulan. Kalau harapan semuanya ingin terealisasi, semoga pak Wuryanto terpilih, jadi pimpinan kita tahun depan 2024-2029. Mudah mudahan saya doakan jadi semua," ujarnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut