get app
inews
Aa Read Next : Reuni Akbar UIN SAIZU Hadirkan Padi Reborn dan Job Fair

Karyawan Indomaret Viral Karena Fasih Bahasa Jepang, Vania: Semua Murni Nonton Anime

Sabtu, 23 Desember 2023 | 17:50 WIB
header img
Viral Karyawan Indomaret Purwokerto Fasih Bahasa Jepang, Tak Kursus dan Hanya Nonton Anime.

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Vania Puspita Andriani (20) gadis asal Purwokerto, Kabupaten Banyumas yang viral setelah percakapannya menggunakan bahasa Jepang dengan Kenji, warga Jepang yang tengah kuliah di Indonesia. Wanita yang bekerja sebagai karyawan Indomaret Purwokerto itu fasih berbahasa Jepang dan diunggah akun TikTok milik Kenji @kencampur hingga viral.

Bukan tanpa sebab, Vania membalas percakapan Kenji dengan bahasa Jepang tanpa mengikuti kursus ataupun berteman dengan orang Jepang. Namun murni, kemampuan percakapan Vania didapat hanya dengan nonton film anime selama dua tahun.


Ini Vania, Wanita Viral Karena Fasih Bahasa Jepang Hanya dengan Nonton Anime. Foto: Arbi Anugrah

 

"Benar-benar tidak pakai kursus atau tidak pakai aplikasi apapun, semua murni dengan nonton anime dan google translate,' kata Vania ditemui iNewsPurwokerto.id di Indomaret jalan Overste Isdiman Purwokerto, Sabtu (23/12/2023).

Menurut Vania yang merupakan anak pertama dari tiga bersaudara ini mengaku jika dirinya hanya memahami percakapan menggunakan bahasa Jepang. Namun demikian, dirinya belum bisa membaca tulisan kanji Jepang.

"Jadi kalau untuk tulisan aku masih belum paham, cuma kalau untuk percakapan aku bisa, karena percakapan bantuan dari nonton anime itu. Jadi aku misal nemu kata kata yang ibaratnya agak susah, dari subtitle nya itu artinya cukup melenceng, aku bakal cari tahu di google translate, apakah itu betul atau tidak, baru setelah itu aku mempelajari lagi," jelas Vania.

Vania mengaku jika dirinya mulai mempelajari bahasa Jepang hampir dua tahun terakhir ini. Gadis lulusan SMAN 5 Purwokerto ini mengungkapkan jika kemampuan belajar bahasa Jepang didapatkan dengan menonton berbagai film anime Jepang.

"Anime yang sering ditonton rata rata anime lawas yang ratusan episode, kayak one piece aku baru nonton, jadi Blitz, Naruto, terus anime anime lawas sama game game anime gitu. Kalau kayak kata kata formal untuk pelafalan formalnya memang gampang dimengerti," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Vania mengaku jika awalnya tidak akan menyangka bertemu dengan Kenji. Meski anak pertama dari tiga bersaudara ini mengenal sosok Kenji di media sosial, namun sudah beberapa waktu terakhir tidak mengikuti perkembangan pria yang memposting dirinya hingga viral seperti saat ini.

"Awal ketemu Ken itu sebenarnya kejadian yang tidak sengaja dan aku tidak tahu kalau ternyata dia lagi ada di Purwokerto. Karena aku sudah lama tidak liat liat akun dia lagi, dan kaget dia dateng ke toko ini, terus beli minuman," kata Vania sepulang bekerja, Sabtu (23/12/2023).

Gadis cantik asal Kota Purwokerto ini bercerita jika awalnya sempat merasa tidak asing dengan pelanggan yang tengah membeli minuman di tokonya. Merasa pernah melihat sosok Kenji, Vania lantas menanyakan dan ternyata berasal dari Jepang, hingga membuat dirinya reflek menggunakan bahasa Jepang yang ia pelajari hanya dengan nonton film anime.

"Pas aku tanyakan, ternyata dia orang Jepang, aku reflek ngomong bahasa Jepang. Karena untuk mas ken belum pernah (kenal), aku hanya sebatas mengagumi dia saja di medsos. Karena dia kan terkenal juga di medsos sebagai vlogger orang Jepang yang lagi dapat beasiswa di Indonesia, kebetulan ternyata dia mampir ke Purwokerto," jelasnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut