get app
inews
Aa Read Next : Hebat! Tim Robotik MTs di Purbalingga Berjaya di Kompetisi Robotik, Ada Robot Pengering Mi Ganyong

Wasit Robot Bakal Pimpin Semifinal Piala Dunia Antar Klub 9 Februari 2022

Rabu, 02 Februari 2022 | 21:53 WIB
header img
Wasit robot akan diperkenalkan ke publik saat laga  semifinal Piala Dunia Antar Klub di Uni Emirat Arab, Rabu (9/2/2022) waktu setempat. Foto: Ilustrasi/sport7

ZURICH,iNews.id - Wasit robot akan diperkenalkan ke publik saat laga  semifinal Piala Dunia Antar Klub di Uni Emirat Arab, Rabu (9/2/2022) waktu setempat. 

Sementara klub yang akan merasakan dipimpin wasit robot adalah Chelsea.  Chelsea menjadi perwakilan Eropa di ajang Piala Dunia Antar Klub karena menjuarai Liga Champions 2020/2021. Secara regulasi, The Blues –julukan Chelsea- langsung lolos ke semifinal dan tinggal menunggu lawan. 

Wakil Liga Inggris itu akan menunggu salah satu dari Al-Hilal, Pirae atau Al-Jazira. Sementara itu, di partai semifinal lain, Palmeiras akan bersua pemenang laga Al-Ahly kontra Monterrey. 

Inovasi unik akan terjadi pada laga semifinal Piala Dunia Antar Klub. Pasalnya, uji coba wasit robot akan diterapkan pada event ini. Hanya saja bukan sebagai wasit utama. Robot itu nantinya akan bertugas sebagai hakim garis dan mengamati anggota badan pemain yang terjebak offside secara instan. 

Nantinya, robot itu juga terintegrasi dengan kamera-kamera di atap stadion dan membuat kerangka animasi pemain pada 29 titik data. Jika ada pemain yang terindikasi offside, asisten wasit di Video Assistant Referee (VAR) akan diberi peringatan oleh robot itu. VAR akan menerima keputusan offside atau tidak, lalu pesan tersebut akan diteruskan kepada wasit utama. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut