get app
inews
Aa Read Next : Rusia Siapkan Serangan dengan Target Persenjataan Bantuan dari Barat

Rusia Kepung Ukraina, Citra Satelit Rekam Pasukan Dikerahkan di 3 Titik

Kamis, 03 Februari 2022 | 11:58 WIB
header img
Rusia mengepung Ukraina dengan mengerahkan dan mengumpulkan pasukannya di 3 titik. Penumpukan pasukan Rusia ini terekam citra satelit. Foto/Maxar Technologies via Sky News

Citra satelit sebelumnya menunjukkan beberapa unit telah ditempatkan atau dikerahkan ke garis depan, tetapi gambar-gambar satelit baru menunjukkan penempatan baru dan signifikan di Belarusia dan lebih banyak personel di berbagai situs militer. 

“Tenda pasukan/tempat perlindungan untuk personel telah terlihat di hampir setiap lokasi penempatan di Belarusia, Crimea dan Rusia barat yang menunjukkan bahwa unit tersebut sekarang disertai dengan pasukan dan telah meningkatkan tingkat kesiapan mereka secara keseluruhan,” kata Maxar.

“Selain itu, kegiatan pelatihan militer lokal (termasuk artileri tembakan langsung dan pelatihan manuver) telah diamati sedang berlangsung di berbagai area pelatihan.” Konrad Muzyka, direktur konsultan Rochan yang berbasis di Polandia, mengatakan analisisnya sendiri telah menemukan peningkatan personel di unit-unit yang ditempatkan sebelumnya di dekat Ukraina, dan terutama di Crimea, yang dianeksasi Rusia pada 2014. 

Dia mengira latihan militer Rusia-Belarusia yang dijadwalkan bulan ini juga akan diadakan di Crimea dan Rusia barat. 

“Pertanyaan terbesar adalah apa yang akan terjadi setelahnya. Apakah mereka akan pulang? Atau akankah mereka pindah ke area pementasan? Latihan itu sendiri memberi mereka peluang besar untuk menutupi gerakan ke area pementasan,” katanya. Kementerian Pertahanan Belarusia mengatakan pasukan militer Rusia akan meninggalkan Belarusia setelah latihan.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut