get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia U-20 Ditahan Imbang China, Begini Komentar Indra Sjafri

Trump Beri Saran untuk Membom Rusia Pakai Bendera China di Jet Tempur F-22

Senin, 07 Maret 2022 | 20:10 WIB
header img
Mantan Presiden AS Donald Trump. Foto/REUTERS

WASHINGTON, iNews.id - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengeluarkan pernyataan kontroversial di tengah situasi yang memanas antara Rusia dan Ukraina. Donald Trump menyarankan agar Washington dapat berkamuflase dengan memasang bendera China menggunakan jet tempur F-22 lalu menjatuhkan bom ke Rusia.

Lelucon itu dilontarkan Trump saat berpidato di depan para donor Komite Nasional Partai Republik pada Sabtu (5/3/2022).

“Dan kemudian kita katakan, China melakukannya,” ujar Trump, menurut CBS News, yang mengutip sumber yang hadir di acara tersebut, dilansir RT.com pada Minggu (6/3/2022).

Trump menambahkan, “Kemudian mereka mulai berkelahi satu sama lain, dan kita duduk dan menonton.”

Peserta konferensi dilaporkan tertawa terbahak-bahak atas saran Trump, yang mungkin atau mungkin tidak mereka pertimbangkan selama operasi militer Rusia di Ukraina, saat Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Antony Blinken melontarkan tuduhan operasi "bendera palsu" oleh Rusia.

Tidak seperti AS dan sekutunya, China dengan sengaja menghindari terseret dalam hiruk-pikuk sanksi yang dipicu konflik di Ukraina, dengan tetap bersikap netral.

Beijing memiliki keuntungan nyata yang diperoleh AS dengan mengikat keuangan dan mesin perangnya dalam konflik berlarut-larut dengan kekuatan dunia lain.

Saat beberapa entitas China telah menarik diri dari berbisnis dengan Rusia, lembaga yang lain telah memanfaatkan peluang yang diciptakan sanksi keuangan pada Rusia dan menandatangani kesepakatan besar dengan Moskow.

Kementerian Luar Negeri China telah mengecam apa yang disebutnya sebagai “sanksi sepihak ilegal” yang dikenakan pada Rusia sebagai tanggapan atas serangan tersebut.

China menyeru Barat untuk menghindari “merugikan hak dan kepentingan sah China dan pihak lain” dengan kebijakan hukuman finansial.

Trump dicaci maki di media bulan lalu karena menggambarkan Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai "cerdas" dan "brilian" atas tindakannya di Ukraina.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut