get app
inews
Aa Read Next : Ciptakan Sejarah dengan Dramatis, Indonesia Sikat Korea Selatan, Maju ke Semifinal

Korea Selatan Ciptakan Matahari Buatan, Suhu Capai 100 Juta Derajat Celcius

Minggu, 07 Januari 2024 | 10:02 WIB
header img
Institut Energi Fusi Korea mengumumkan peningkatan pada perangkat fusi superkonduktor Korea Selatan, yakni KSTAR dan dikenal sebagai matahari buatan. (Foto: Sindonews)

SEOUL, iNewsPurwokerto.id - Institut Energi Fusi Korea mengumumkan peningkatan pada perangkat fusi superkonduktor Korea Selatan, yakni KSTAR dan dikenal sebagai matahari buatan. 

Peningkatan tersebut melibatkan pemasangan pengalih tungsten baru pada perangkat fusi magnetik KSTAR, memungkinkannya untuk menjalankan plasma suhu tinggi pada suhu lebih dari 100 juta derajat Celsius selama 30 detik. 

Keberhasilan ini membuka peluang untuk penelitian inovatif yang dapat mengarah pada komersialisasi fusi nuklir sebagai sumber energi.

Pengembangan ini juga merupakan bagian dari upaya bersama Institut Energi Fusi Korea dalam mempercepat pengembangan energi fusi nuklir melalui program ITER. ITER adalah proyek pembangunan reaktor fusi magnetik yang lebih besar di Perancis selatan. 

Presiden KFE, Suk Jae Yoo, menyatakan bahwa penggunaan divertor tungsten untuk mengoperasikan KSTAR pada suhu yang lebih tinggi akan menghasilkan data yang krusial untuk mendukung program ITER.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut